| Saran & Komentar | updated on 16 November 2014

Menerangi Jalan Anda Menuju Allah Sumber Pengharapan

Halaman Utama

  |  Tentang Kami

  |  Hubungi Kami

  |  Izin Pemakaian Materi 

  |  Dapatkan Buletin Gratis di sini! 

Sumber Damai

Khotbah/PA


Inspirasi

Artikel/Renungan

Kesaksian Hidup


Pelatihan

Discipleship Trainings


Lain-Lain...

Buku-buku Terbitan

Lagu dan Film

Bible Study (P.A)

Siaran Mandarin

Buletin Gratis!

Follow Us


BACA ONLINE


BACA ONLINE


KATA PENGANTAR

Khotbah/PA

Tempat untuk menemukan firman Tuhan untuk membangun iman Anda, menguatkan dan menyegarkan jiwa Anda, memimpin Anda dalam jalan Tuhan, dan memperdalam pergaulan Anda dengan Allah.

Seri

Judul

Baca

Dengar

Seri Pendalaman Alkitab:
Studi Karakter Alkitab

Kej 2-5 Studi tentang Karakter Tokoh Alkitab 1 - Adam (1)

Senjata paling efektif yang digunakan oleh musuh kita dalam menyerang kita adalah melalui orang-orang yang paling kita kasihi. Apabila kita mengasihi seseorang lebih dari segalanya, orang ini bisa menjadi halangan/batu sandungan bagi kita. Apakah kita memiliki kebijaksanaan rohani untuk mengasihi hanya Allah lebih dari segalanya? Kebijaksanaan ini juga merupakan senjata paling efektif untuk mengalahkan dosa.
[Baca]  

Kej 2-5 Studi tentang Karakter Tokoh Alkitab 2 - Adam (2) 

Kita telah melihat bukan saja Adam berbuat dosa tetapi juga sikapnya setelah dia berbuat dosa. Dia tidak mau mengakui dosanya dan menyembunyikan dirinya. Saat Allah memberinya kesempatan untuk bertobat, dia tidak menghargainya dan dia kehilangan kesempatan itu.
[Baca]  

Kej 2-5 Studi tentang Karakter Tokoh Alkitab 3 - Hawa (1)

Kita dapat melihat bahwa di Eden, ada satu musuh Allah – yang juga merupakan musuh Adam dan Hawa. Pada masa kini, tokoh ini juga adalah musuh kita, yaitu ular itu.
[Baca]  

Kej 2-5 Studi tentang Karakter Tokoh Alkitab 4 - Hawa (2)

Kenapa Hawa tertipu oleh Iblis dan berbuat dosa? Ketika kita menggali lebih dalam, kita menemukan bahwa hal itu terjadi karena adanya keinginan di dalam hati Hawa. Hal yang sama pun berlaku bagi kita. Kenapa kita tertipu dan berakhir dengan melakukan dosa? Kita jatuh karena dorongan keinginan hati kita. Iblis akan memanfaatkan keinginan kita untuk mempermainkan kita dan menipu kita. Jadi hawa nafsu atau keinginan merupakan akar dari permasalahan manusia.
[Baca]  

Kej 2:7-9 Studi tentang Karakter Tokoh Alkitab 5 - Hawa (3)

Berbicara tentang keinginan kita harus menanyakan satu pertanyaan: dari mana keinginan berasal? Kenapa Hawa mempunyai keinginan? Kenapa kita semua memiliki keinginan? Manusia memiliki segala macam keinginan. Tidak ada seorangpun yang tanpa keinginan. Lalu apakah keinginan itu dosa?
[Baca]  

Kej 2-4 Studi tentang Karakter Tokoh Alkitab 6 - Hawa (4) 

Kita harus menginginkan menjadi seperti Allah dalam hal karakter seperti Allah, karakter yang lemah lembut dan juga karakter-karakter-Nya yang indah. Di masa depan, hanya orang yang memiliki karakter seperti Allah yang dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
[Baca]  
 
Seri Pendalaman Alkitab:
Filipi

Fil 1:1 Hamba-hamba Yesus Kristus

Setiap orang Kristen juga harus mempunyai kualitas seorang pelayan, bukan hanya para hamba Tuhan.
[Baca]  

Fil 1:3-5 Sehati sejiwa Menyebarkan Injil

Sapakah yang bertanggungjawab atas pertumbuhan gereja? Apakah metode yang harus dipakai untuk mendorong pertumbuhan jemaat?
[Baca]  

Fil 1:29 Menderita demi Kristus

Untuk menjadi seorang Kristen, kita tidak hanya harus percaya pada Kristus, tapi juga menderita untuknya
[Baca]  

Fil 1:27 Hiduplah Berpadanan dengan Injil Kristus

Salah siapa saat kita gagal menyebarkan Injil?
[Baca]  

Fil 2:1-5 Hendaklah kamu sehati sepikir di dalam Kristus Yesus

Mengapa Anda mau Percaya pada Yesus?
[Baca]  

Fil 2:12-18 Jadilah Anak-anak Allah yang tidak Beraib dan tidak Bernoda

Apakah kelemahan Karakter yang membuat kita tidak dapat bertumbuh?
[Baca]  

Fil 2:19-24 Carilah Kepentingan Yesus Kristus

Apa satu hal yang Anda akan minta dari Allah agar dapat melayani Dia dengan maksimal?
[Baca]  

Fil 2:25-30 Epafroditus yang Diingat Allah

Menurut Anda, apa yang harusnya menjadi kualitas seorang prajurit? Keberanian? Atau energi? Atau tubuh yang kekar dan kuat? Untuk menjadi sekelompok prajurit yang elit, apakah persyaratan yang harus dipenuhi?
[Baca]  

Fil 3:1-6 Arah Hidup Orang Kristen

Jika Anda adalah orang percaya, dan telah menjadi Kristen untuk jangka waktu yang lama, bagaimana hubungan Anda dengan Allah? Apakah sangat akrab? Apakah Anda berjalan di dalam kehendak Allah setiap harinya? Atau apakah hubungan Anda dengan Allah terasa sangat jauh?
[Baca]  

Fil 3:10-15 Berlari-lari Mengejar Tujuan

Paulus mengerahkan segala kekuatannya untuk memperoleh kesempurnaan, karena hanya orang yang demikian dapat memperoleh Kristus. Paulus tidak sedang mengejar suatu ideal yang merupakan sebuah ilusi, tapi dia mengejar keserupaan dengan Kristus, dalam setiap hal mencerminkan karakter Kristus, agar dia dapat menjalin hubungan yang akrab dengan Yesus. Mengapa hanya yang orang yang dewasa/sempurna yang dapat memperoleh Kristus?
[Baca]  

Fil 3:17-21 Teladanilah Aku

Tugas paling penting seorang pemimpin bukanlah untuk membangun jemaat, bukannya mendorong orang untuk dibaptis, tetapi tugas paling utama seorang pemimpin adalah untuk memimpin lewat teladan.
[Baca]  

Fil 4:1-4 Bersukacitalah Senantiasa di dalam Tuhan

Tidak diragukan bahwa setiap orang memimpikan kehidupan yang penuh sukacita, tetapi permasalahannya adalah, bagaimana kita dapat senantiasa bersukacita? Apa yang menjadi rahasia bagi sukacita? Paulus sudah dengan jelas memberitahukan pada kita rahasia sukacita itu.
[Baca]  
 
Seri Pendalaman Alkitab:
1 Raja-Raja

1 Raja-raja 1:1-10 Tahun-tahun terakhir Raja Daud

Jangan pernah merebut kekuasaan dan status di dalam keluarga Allah. Allah sangat membenci orang semacam ini. Kemuliaan dan kewenangan spiritual diberikan oleh Allah. Kepada siapa Allah akan berikan? Kepada mereka yang dengan penuh kerelaan hati merendahkan diri mereka. Kita harus belajar untuk menjadikan kerendahan hati sebagian dari karakter kita. Tunduklah satu dengan yang lain dan jadilah orang yang menyenangkan Allah.
[Baca]  

1 Raja-raja 1:11-53 Adonia mengangkat dirinya menjadi raja

Hamba Allah seharusnya tidak melakukan apa yang telah diakukan oleh Adonia. Hamba Allah tidak seharusnya memakai karisma, kemampuan dan hubungan pribadinya di dalam gereja untuk memperjuangkan kekuasaan dan status.
[Baca]  

1 Raja-raja 2:1-10 Nasihat Daud sebelum kematiannya

Rasul Paulus, seperti Daud menghimbau kita untuk berdiri dengan teguh di dalam iman. Dan untuk tidak berkompromi karena tekanan dan pencobaan. Menjadi kuat dan bersikap seperti laki-laki. Apa maknanya berdiri di dalam iman?
[Baca]  

1 Raja-Raja 2:13-18 Rencana Licik Adonia

Kemungkinan Anda akan bertanya, Mengapa Daud tidak menyingkirkan Yoab dan Simei sendiri? Alasannya adalah sederhana. Karena kebenaran membutuhkan kebijaksanaan dalam pelaksanaannya.
[Baca]  

1 Raja-Raja 3:1-3 Solomo menikahi puteri Firaun

Kita tidak tahu kapan Salomo melangkahi garis ini dan jatuh ke dalam pencobaan. Tapi kami yakin bahwa itu tidak terjadi dalam waktu semalam. Semua jenis dosa besar mulai dari hal-hal kecil.
[Baca]  

1 Raja-Raja 3:4-15 Solomo meminta hikmat dari Allah

Kita harus mengerti bahwa berkat dari Allah untuk kita adalah supaya kita dapat memberkati orang lain. Saat Allah melihat kerendahan hati Salomo, ketidak-egoisannya dan cinta kasihnya kepada umat, Allah bukan saja menggenapi permohonannya, tapi juga melimpahkan berkat yang melebihi apa yang dia bayangkan maupun doakan.
[Baca]  

1 Raja-Raja 3:16-4:34 Hikmat Salomo

Kita bisa melihat bahwa seorang pemimpin itu harus bergantung pada Allah untuk bisa memerintah negerinya dengan baik. Hati manusia itu sangat licik. Tanpa hikmat untuk membedakan yang benar dari yang salah, bagaimana mungkin seorang raja memerintah dengan sukses?
[Baca]  

1 Raja-Raja 3:16-4:34 Kebesaran Hati

Salomo bukan saja orang yang bijaksana tapi juga orang yang memiliki kebesaran hati. Apa yang dimaksudkan dengan kebesaran hati?
[Baca]  

1 Raja-Raja 6 & 7 Pelajaran di balik pembangunan Bait Suci

Allah tidak pernah meminta orang untuk mendirikan Baitu Suci untukNya. Allah adalah Roh. Dia tidak diam di dalam Bait buatan tangan.
[Baca]  

1 Raja-Raja 6 & 7 Prinsip-prinsip pembangunan Jemaat

Allah bukanlah tiran sebagaimana yang kita pikirkan. Dia sangat menghendaki kita untuk menikmati kehidupan kita sesuai dengan keinginan hati kita. Segala sesuatu sudah dia karuniakan pada kita untuk dinikmati.
[Baca]  

1 Raja-Raja 8 Fungsi Spiritual dari Bait Suci

Banyak orang Kristen berpikir bahwa saat mereka memakai kalung salib, menyimpan Alkitab di rumah, maka Allah akan hadir bersama mereka. Pemahaman demikian tidak ada bedanya dari penyembahan berhala. Hal-hal eskternal tidak dapat memberi jaminan sama sekali. Apakah Allah akan bersama kita bergantung pada hubungan kita denganNya
[Baca]  

1 Raja-Raja 9 Peringatan Allah pada Salomo

Jika Israel tidak memuliakan Allah sesuai dengan kehendakNya, tidak menjadi terang bagi bangsa-bangsa lain dan tidak mengajarkan mereka untuk menyembah Allah, maka Allah akan mendidik Israel untuk takut pada Dia dengan menjatuhkan penghakiman atas Israel.
[Baca]  

1 Raja-Raja 11 Dari Kemakmuran menuju Kemunduran

Saat Salomo masih muda, dia sangat terfokus pada Allah. Dia mengasihi Allah dengan segenap akal budi dan hati. Dia tunduk sepenuhnya pada Allah. Sekalipun dia berhadapan dengan segala kemuiaan dan kekayaan tapi hatinya tidak berpaling pada makanan, minuman dan kenikmatan yang ditawarkan oleh dunia. Tapi waktu dia sudah tua, hatinya pada Allah tidak lagi tunggal dan setia pada Allah. Mengapa?
[Baca]  

1 Raja-Raja 11 Kemurkaan Allah terhadap Salomo

Jika kita melihat pada respon Salomo, sangatlah kecil kemungkinan untuk dia bertobat, hatinya sudah berubah menjadi sangat gelap dan keras. Ini merupakan suatu hal yang sangat sangat mengerikan dan merupakan suatu peringatan bagi kita semua.
[Baca]  

1 Raja-Raja 12 Salomo tidak Tunduk, Putranya kehilangan Berkat

Terdapat suatu fenomena yang menarik di Kitab Raja-Raja: Bapa tunduk pada Allah, anak akan diberkati. Sama seperti Salomo diberkati karena penundukan Daud kepada Allah dengan segenap hati dan pikiran. Bapa tidak tunduk pada Allah, anak akan kehilangan berkat dari Allah. Sama seperti Salomo memberontak melawan Allah, Rehabeam akan menderita. Di dalam kehidupan kita, prinsip ini masih berlaku.
[Baca]  

1 Raja-Raja 12:26-31 Yerobeam - Simbol raja yang jahat

Yerobeam hanya melayani dirinya sendiri. Dia menyembah berhala di dalam hatinya, dan berhala itu adalah dirinya sendiri. Segala sesuatu yang dia lakukan adalah demi manfaat dirinya sendiri.
[Baca]  

1 Raja-Raja 12:32-13:10 Seorang manusia Allah dari Yehuda

Yerobeam khawatir bahwa para imam dan orang-orang Lewi akan mendorong bangsa Israel untuk terus pergi ke Yerusalem untuk menyembah Allah. Jadi dia melarang para imam dan orang-orang Lewi untuk melayani Allah Yahweh.
[Baca]  

1 Raja-Raja 13:11-32 Ujian bagi seorang Nabi

Jika Anda berkompromi dengan dunia, dosa dan daging, secara pelahan-lahan Anda akan berubah menjadi seperti nabi tua itu. Pada waktu itu, yang tersisa adalah suatu kerangka spiritual yang kosong karena Allah tidak akan lagi memakai Anda.
[Baca]  

1 Raja-Raja 14:1-18 Yerobeam tetap Mengeraskan Hati

Allah dari jauh-jauh hari telah menubuatkan pembinasaan negara utara untuk memberi kesempatan pada Israel untuk bertobat. Jika Israel tidak mau binasa, tidak mau ditinggal oleh Allah, maka mereka harus menangani kejahatan mereka yakni ketidak-percayaan, pemberontakan dan penyembahan berhala.
[Baca]  

1 Raja-Raja 14: 21-31 Rehabeam - Orang yang mencari Allah hanya saat ada masalah

Pertobatan Rehabeam itu tulus tapi tidak bertahan lama. Saat semuanya menjadi baik-baik saja, dia dengan cepat meninggalkan hukum-hukum Allah. Jika dia bertekun dalam pertobatannya sampai pada akhirnya, Alkitab tidak akan menegur dia sebagai orang yang melakukan kejahatan.
[Baca]  

1 Raja-Raja 15:1-8 Dosa Raja Yehuda - Hati yang Mendua

Hal ini juga merupakan masalah bagi banyak orang Kristen. Banyak orang Kristen tetap percaya pada Allah, mereka datang ke persekutuan-persekutuan tepat waktu dan juga berpartisipasi dalam pelayanan dalam bentuk yang berbeda-beda. Satu-satunya masalah adalah pada hati mereka yang tidak sepenuhnya fokus atau tidak berpusat sepenuhnya pada Allah.
[Baca]  

1 Raja-Raja 15:9-24 Raja Asa - Raja yang Sempurna hatinya

Raja Asa adalah raja Yehuda yang keempat, salah satu raja yang baik di Yehuda yang hatinya digambarkan sebagai sempurna. Apakah artinya hati yang sempurna?
[Baca]  

1 Raja-Raja 15:9-24 Allah menguji Raja Asa

Anda akan sadar kalau setiap ujian akan memiliki sebuah konsekuensi yang sepadan. Ketika melewati ujian itu, iman akan bertumbuh dan Allah akan memberkati kita. Ketika gagal melewati ujian itu, iman akan mundur dan hubungan kita dengan Allah akan terkena dampaknya.
[Baca]  

1 Raja-Raja 15:25-16:26 Kejahatan menuai Kejahatan

Jika semua orang jahat mendapatkan penghakiman mereka di masa hidupnya, kita semua tidak akan berani untuk berbuat dosa. Kita tidak melakukan dosa bukan karena kita takut dan berserah kepada Allah tetapi karena kita takut akan penghakiman. Tetapi jika orang jahat hidup damai di seluruh hidupnya, yang terjadi adalah banyak orang yang tidak akan takut untuk berdosa. Allah mengijinkan orang jahat terus melakukan dosa dan tetap hidup, hal ini untuk menguji kita dan melihat apakah kita benar-benar takut dan berserah kepada-Nya.
[Baca]  

1 Raja-Raja 16:29-34 Raja Ahab - Raja yang menikahi isteri yang menyesatkannya

Ahab, raja atas Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN lebih dari pada semua orang yang mendahuluinya.
[Baca]  

1 Raja-Raja 16:30-17:24 Iman Janda Sidon

Janda Sarfat di Sidon ini adalah sebuah contoh yang sangat spesial. Di saat seluruh Israel melupakan Allah dan berpaling untuk menyembah allah lain, Allah malah dihormati oleh orang fasik. Kaum pilihan Allah menganiaya nabi Allah, tetapi janda yang tidak diketahui namanya ini menghormati dan menerima Elia dan akhirnya mengakui Yahweh sebagai Allah-nya.
[Baca]  

1 Raja-Raja 18 Elia menantang Nabi-nabi Baal

Jika Yahweh adalah Allah, ikutilah Dia; tetapi jika Baal adalah Allah, ikutilah dia. Jangan ragu dan bercabang hati, kita harus menjadi seorang Kristen dengan sebuah pendirian yang jelas dan mengikut Yahweh dengan segenap hati. Orang Kristen yang bercabang hati adalah seorang yang tidak mencintai kebenaran.
[Baca]  

1 Raja-Raja 19 Apa yang membuat Elia melarikan Diri?

Pekerjaan Allah selalu melebihi apa yang kita pikirkan dan apa yang kita doakan. Kita mungkin saja menabur dan membajak diam-diam dan kita tidak dapat melihat hasil apapun di hadapan kita. Tetapi hanya ketika kita rela untuk bertahan sampai akhir, kita akan dapat melihat hasil pekerjaan Allah
[Baca]  

1 Raja-Raja 20 Ahab akhirnya Tunduk pada Allah

Dari sudut pandang manusia, apa yang dilakukan Ahab sangatlah luar biasa dan bijaksana. Saya takut kalau banyak orang Kristen jauh dari mampu untuk melakukan tindakan mengasihi musuhnya
[Baca]  

1 Raja-Raja 20:35-43 Kehendak Allah atau Pemikiran Manusia?

Tidak masalah apakah kita tidak dapat mendengarkan perkataan Allah atau tidak mau mendengarkan, konsekuensinya tetap sama. Perhatikan pada fakta kalau akhir dari Ahab juga adalah kematian karena ia tidak mengikuti perkataan Allah dan ia bekerja sesuai keinginannya sendiri.
[Baca]  

1 Raja-Raja 22:1-14 Raja yang Memperbudak diri dengan Berbuat Jahat

Ahab adalah sebuah materi pembelajaran yang negatif, memperingatkan kita untuk tidak menolak suara Allah. Jika kita dengan sengaja menolak suara Allah, maka kita "memperbudak diri kita", memperbudak diri kita kepada iblis untuk menjadi budaknya.
[Baca]  

1 Raja-Raja 22:13-25 Perbedaan antara Nabi Sejati dan Nabi Palsu

Ancaman berupa kata-kata tidak ada artinya bagi seorang nabi sejati. Nabi Allah sejati selalu akan berhadapan dengan siksaan dan pukulan. Nabi palsu akan menggunakan kekuatan untuk memaksa mereka agar berkompromi, nabi-nabi yang tidak mau untuk berkompromi akan dianiaya.
[Baca]  

1 Raja-Raja 22:41-51 Yosafat – Raja yang belajar dari Kesalahannya

Banyak orang Kristen seringkali menemukan diri mereka bersedih akan dosa-dosa masa lalu mereka. Mereka kuatir kalau Allah belum mengampuni mereka. Sebenarnya hal yang paling penting bukanlah masa lalu, tetapi hari ini. Karena masa lalu adalah masa lalu, kita tidak dapat mengubahnya. Hal yang terpenting adalah menjadi seseorang yang mengoreksi dirinya setelah menyadari sebuah kesalahan telah dibuat.
[Baca]  
 
Seri
Paskah

Pesan Paskah: Apakah tujuan kekal Yesus mati bagi kita?

Jadi, mengapa Yesus mati? Apa rencana kekal Allah lewat kematian AnakNya Yesus Kristus? Apakah Allah mempunyai suatu tujuan? Jika kita berkata bahwa Yesus mati karena dia mengasihi kita, yang sedang kita gambarkan sebenarnya adalah niat atau motivasi hati. Akan tetapi jawaban itu tidak menjelaskan untuk apa Yesus mati.
[Baca]  

Kita telah mengambil jalan kita sendiri

Walaupun manusia hidup di dalam dosa dan tidak dapat menyelamatkan dirinya, mengapa Yesus harus mengorbankan dirinya? Karena Allah itu maha kuasa, mengapa Dia tidak mengumumkan bahwa setiap orang telah diampuni? Mengapa dia harus pergi begitu jauh sampai menyalibkan Yesus?
[Baca]  

Mati dengan Kristus - Jalan menuju Hidup!

Jika Anda hidup di dalam kebahagiaan, maka Anda tahu bahwa Anda hidup di dalam hidup yang baru. Karena kebahagiaan ini bukan dari dunia; hal ini adalah sesuatu yang Allah berikan kepada kita.
[Baca]  

Rahasia Hidup Berkemenangan

Yesus Kristus bangkit dari kematian, dan karena itu, sekarang kita dapat menjalani hidup yang baru dan berkemenangan. Kita dapat menjadi manusia merdeka - manusia yang merdeka dari kuasa dosa, Iblis dan dunia.
[Baca]  

Apa arti penting kebangkitan Yesus bagi kita?

Ada tiga alasan mengapa kematian Yesus dan terlebih lagi hidup Yesus menyelamatkan saya. Apakah ketiga alasan itu?
[Baca]  

Seorang narapidana yang menerima anugerah

Lukas 23 memberitahu kita bahwa saat Yesus disalibkan di atas kayu salib, orang di Yerusalem apakah muda atau tua menghina dan mengejak dia dan mereka sepakat menolak Yesus sebagai Kristus. Bagaimanapun, di tengah-tengah hujatan dan penghinaan, terdapat seorang narapidana yang dijatuhkan hukuman mati yang disalibkan bersama Yesus, meminta Yesus untuk mengingatnya. Mengapa narapidana yang sedang menjalani hukuman matinya mengabaikan komentar orang banyak tentang Yesus dan memilih untuk mempercayainya? Bagaimana narapidana ini tahu bahwa Yesus yang lemah dan tak berdaya ini adalah Kristus?
[Baca]  

Apakah Dampak Kematian Yesus bagi Kita?

Apakah dampak praktis kematian Yesus bagi kita?
[Baca]  

Makna Kematian Yesus 2 - Mengapa Allah Membangkitkan Yesus?

Kebangkitan ini diberikan kepada siapa? Siapakah yang menerima kehidupan kebangkitan? Orang yang mencarinya. Yesus berkata, "Carilah maka kamu akan mendapatkan."
[Baca]  

Makna Kematian Yesus 1 - Apakah yang dipertaruhkan Yesus saat Ia disalibkan?

Apakah Yesus lebih menderita daripada semua orang di dunia ini?
[Baca]  
 
Seri Tujuan
Hidup

Matius 26:1-2 Seri Tujuan Hidup (1) Tujuan Rohani dari Hidup ini

Jadi jangan mengira bahwa ketika Yesus berkata, "Pikullah salibmu dan ikutlah aku," berarti Yesus sedang menyuruh kita masuk ke dalam kesengsaraan. Justru sebaliknya! Untuk pertama kalinya Anda akan mengalami sukacita rohani, jika kita melibatkan diri dalam pembangunan Yerusalem Baru yaitu pusat sukacita itu.
[Baca]  

Yohanes 15:9-15 Seri Tujuan Hidup (2) Bagaimana Mencapai Tujuan Hidup ini?

Kita hidup untuk tujuan yang sama dengan tujuan dari kedatangan Yesus yaitu keselamatan umat manusia. Namun, hal ini mencakup bidang yang sangat luas yang perlu kita persempit ke dalam hal-hal yang lebih spesifik lagi. Apa hal-hal yang spesifik itu?
[Baca]  

Markus 14:3-9 Seri Tujuan Hidup (3) Apa yang Berharga Bagi Kita?

Ketika Anda berpandangan bahwa hal yang dilakukan Maria adalah pemborosan, tanyakanlah hal ini pada diri Anda: Bagaimanakah saya menilai hal-hal rohani? Apakah hal-hal rohani itu berharga buat saya? Apakah saya sesungguhnya berkomitmen? Apakah arah tujuan rohani di dalam hidup saya
[Baca]  
 
Seri Pendalaman Alkitab:
Surat Yakobus

Kita Adalah Perantau di Dunia Ini

Orang-orang Kristen di mana-mana hanya berharap agar bisa hidup dan bekerja dengan tenang di dunia ini. Apakah kita menganggap dunia ini sebagai pemberhentian terakhir kita?
[Baca]  

Ujian Iman

Sengaja memilih penderitaan menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan diri kita, tetapi memilih kehendak Tuhan - sekalipun itu berarti Anda harus menderita - ini merupakan persoalan yang sama sekali berbeda. Tidak ada orang kudus yang normal dan sehat akal budi yang akan pernah memilih penderitaan; yang ia lakukan hanyalah memilih kehendak Tuhan entah itu melibatkan penderitaan atau tidak
- Oswald Chambers.
[Baca]  

Apa yang harus kita minta dari Allah?

Apa itu hikmat? Menurut Yak 3:13:18, hikmat di dalam Alkitab adalah kualitas kehidupan surgawi. Bagaimana kita bisa menerima hikmat itu?
[Baca]  

Pentingnya Pencobaan

Apakah kita punya mata iman untuk melihat bahwa lewat ujian-ujian ini Allah sedang membantu kita untuk tidak menempatkan harapan kita di dalam jaminan duniawi, melainkan sepenuhnya bersandar kepada Dia di dalam iman sehingga kita layak menerima kemuliaan yang telah Dia persiapkan kepada kita - yaitu mahkota kehidupan yang kekal?
[Baca]  

Tipu Daya Keinginan

Persoalan apakah Allah atau setan yang menguji kita bukanlah persoalan utama. Yang terpenting adalah apakah kita bertahan di saat menghadapi pencobaan. Apakah kita dapat mempertahankan kesetiaan kita kepada Allah?
[Baca]  

Kebaikan Allah

Allah itu baik, sejak dulu, sekarang dan selama-lamanya. Jika ujian iman itu merupakan kehendak Allah, maka setiap pencobaan itu akan menghasilkan hal-hal yang baik bagi anak-anak-Nya.
[Baca]  

Kelemah-lembutan

Kita harus terus menerima Firman Allah itu dengan lemah lembut. Kelemahlembutan mengacu pada hati yang dapat diajar oleh Allah - seperti tanah liat yang lembut di tangan penjunan.
[Baca]  

Pendengar dan Pelaku Firman

Kita mendengarkan firman dan kita mempraktekkan apa yang sudah kita dengarkan itu. Kita bukan sekadar perlu mempraktekkannya, kita juga perlu terus menerus melakukannya. Dengan demikian kita akan semakin mengalami Allah dan diberkati oleh-Nya melalui berbagai latihan ini.
[Baca]  

Pendengar dan Pelaku Firman - 2

Tindakan lahiriah tidak selalu merupakan bukti atas ibadah yang sejati. Jika tindakan lahiriah itu memang bukti ibadah yang sejati, itu berarti banyak penganut agama lain juga dapat diselamatkan tanpa perlu percaya kepada Yesus, bukankah begitu?
[Baca]  

Jangan Memandang Muka

Jika nilai-nilai duniawi kita tidak berubah, maka kita akan bergerak menentang Allah dan bukannya mencerminkan karakter dan kemuliaan Allah di setiap tindakan kita. Kita akan menjadi musuh-Nya karena kita akan meremehkan hal-hal yang dipedulikan oleh Allah dan menikmati hal-hal yang dibenci oleh Allah.
[Baca]  

Hukum Kemerdekaan

Apakah orang Kristen itu hidup dengan hukum atau tanpa hukum? Menurut Yakobus ya Apakah kita berada di bawah hukum? Bukankah rasul Paulus memberitahu kita di Galatia dan Roma kita tidak lagi berada di bawah hukum? Jadi, sebenarnya siapa yang benar dan siapa yang salah?
[Baca]  

Iman dan Perbuatan (1)

Bukankah kita dibenarkan oleh iman? Apakah memiliki iman saja tidak cukup? Apakah kita perlu menambahkan perbuatan untuk bisa diselamatkan?
[Baca]  

Iman dan Perbuatan (2)

Apakah seseorang yang mengerjakan banyak perbuatan baik namun tidak bersedia menerima Yesus sebagai Penguasa dan Juruselamatnya, apakah ia akan diselamatkan? Jelas tidak.
[Baca]  

Iman dan Perbuatan (3)

Mungkin Anda akan bertanya, "jika apa yang dikatakan Yakobus adalah benar, lalu mengapa Paulus berkata bahwa kita dibenarkan oleh iman? Mengapa Paulus tidak pernah menyebut bahwa kita dibenarkan oleh perbuatan?"
[Baca]  

Iman dan Perbuatan (4)

Rasul Yakobus mau memberitahu kita bahwa hanya dengan mempercayai pada doktrin-doktrin ini tidak akan menyelamatkan kita
[Baca]  

Lidah (1)

Semua persoalan yang ditimbulkan oleh Yakobus di sini tentunya diarahkan kepada orang yang hanya mendengar fiman tetapi tidak melakukannya.
[Baca]  

Lidah (2)

Gereja sekarang adalah tempat yang paling biasa atau lumrah untuk melihat orang Kristen menyerang satu sama lain dengan lidah mereka. Banyak perselisihan dan fitnah terjadi di dalam gereja dan semua ini adalah masalah-masalah yang disebabkan oleh lidah.
[Baca]  

Lidah (3)

Setelah melihat pada Yak 3:1-12, sudahkah Anda memikirkan diri Anda dan melihat jenis hidup yang bagaimana yang Anda miliki? Jika Anda menemukan bahwa hidup Anda tergolong yang mata airnya asin dan pahit, apa yang harus Anda lakukan? Ada jawabannya tapi apakah Anda sanggup membuat suatu pilihan.
[Baca]  

Janganlah banyak di antara kamu menjadi guru

Apakah rasul Yakobus sedang mengatakan kepada kita untuk tidak menjadi guru? Jika ya, maka celakalah pengkhotbah-pengkhotbah dan pendeta-pendeta karena mereka harus membuka mulut mereka untuk mengajar orang-orang mengenai Alkitab.
[Baca]  

Hikmat dari Atas

Mengapa Yakobus beralih dari membahas tentang topik lidah ke topik tentang "hikmat dari atas"?
[Baca]  

Hikmat dari Atas - Bagian 2

Yakobus mau mengingatkan kita bahwa jika kelakuan kita tidak menunjukkan bukti hikmat surgawi, itu membuktikan bahwa tidak terdapat kelemah-lembutan Kristus dalam hati kita. Dan oleh karena itu kita tidak layak menjadi seorang guru.
[Baca]  

Persahabatan dengan Dunia - Bagian 1

Apakah kita sedang berdamai dengan Allah atau kita sedang menjadi lawan-Nya?
[Baca]  

Persahabatan dengan Dunia - Bagian 2

Pernahkah Anda berpikir bahwa Allah sdeang memberitahukan kepada kita melalui kata-kata Yakobus bahwa Ia sangat rindu agar kita menjadi sahabat karib-Nya. Apa kondisi dasar dari sahabat karib?
[Baca]  

Apa Artinya Menjadi Sahabat Allah?

Pernahkah Anda berpikir mengenai mengapa Yak 2:23 harus berkata kepada kita bahwa Abraham disebut sahabat Allah karena Ia percaya kepada Allah?
[Baca]  

Allah adalah Allah yang Cemburu

Iblis sering menggenapi apa yang ia mau lakukan melalui keinginan daging kita. Ketika kita merespon kepada sesama menurut keinginan egois kita, akibatnya adalah ketidak-harmonisan dalam hubungan yang akan membawa kita kepada pertengkaran dan itulah yang ingin dicapai oleh iblis. Allah ingin membangun kesatuan sedangkan iblis ingin memecah belahkan.
[Baca]  

Makna Pertobatan

Saat kita memilih untuk tidak taat kepada Allah, sebenarnya kita sudah terlibat dalam pekerjaan iblis. Kita sudah berada dalam kendali iblis dan menjadi alatnya.
[Baca]  

Jangan Menghakimi Orang Lain

Mengapa Yakobus berkata bahwa mengkritik saudara seiman itu sama saja dengan mengritik hukum?
[Baca]  

Jika Allah Menghendaki

Apakah perbedaan tujuan hidup antara orang Kristen dan mereka yang tidak percaya kepada Allah?
[Baca]  

Kehendak Allah dapat Diketahui

Jika kita persembahkan tubuh kita setiap hari kepada Allah, hidup di bawah kedaulatan-Nya, maka Dia pasti akan memberitahu kita tentang kehendak-Nya, Dia juga akan menganugerahkan kita kuasa untuk bisa mentaatinya.
[Baca]  

Celakalah Hai Kamu yang Kaya

Jemaat memiliki kecenderungan untuk mengejar kekayaan. Kita bisa melihat banyaknya masalah yang ditimbulkan oleh kekayaan ke dalam gereja. Alkitab tanpa henti menyuruh orang Kristen untuk menjauh dari kecintaan terhadap uang
[Baca]  

Penghakiman Allah

Allah memang akan menghakimi orang-orang yang tidak percaya kepada-Nya, tetapi Dia juga akan menghakimi umat-Nya.
[Baca]  

Iman dan Ketabahan

Hari Tuhan sudah dekat dan hanya mereka yang bertahan sampai pada akhirnya yang boleh menerima janji Allah dan tidak menjadi malu
[Baca]  

Penderitaan dalam menjadi terang dan garam dunia

Menjadi terang dan garam dunia sama artinya dengan menjadi nabi. Anda tidak akan bisa menjadi terang dunia tanpa menjadi nabi Allah. Tugas nabi-nabi adalah menyampaikan kehendak Allah, terutama di masa-masa kegelapan seperti sekarang ini, di mana dunia lebih membutuhkan para nabi Allah untuk menjadi terang yang memimpin umat kepada Allah.
[Baca]  

Ketekunan Ayub

Mengapa Anda mau percaya pada Allah? Apakah karena Anda mau mendapatkan manfaat dan berkat dari Allah dan bukannya mau menjadi sahabat karibNya? Jika demikian, Allah bagi Anda tidak ada bedanya dengan ilah yang lain.
[Baca]  

Jangan Bersumpah

Setiap kata kita harus benar dan dapat dipercayai seolah-olah kita sedang bersumpah. Setiap kalimat yang kita ucapkan harus jujur dan dapat diandalkan. Kita tidak boleh menjadi seperti orang yang tidak percaya yang harus memberi jaminan bahwa mereka jujur lewat cara bersumpah.
[Baca]  

Bagaimana memandang doa kesembuhan?

Sekilas pandang, Yakobus kelihatannya sedang mendorong kita untuk meminta penatua jemaat untuk mendoakan penyembuhan kita setiap kali kita sakit. Bagaimanapun, kita juga sudah melihat dari ajaran-ajaran Alkitabiah bahwa Alkitab tidak menekankan bahwa kita mencari penyembuhan setiap kali kita sakit.
[Baca]  

Doa dan Dosa

Hubungan kita dengan Allah juga akan diperdamaikan berdasarkan ketaatan kita. Inilah janji yang telah Allah berikan kepada kita. Kita perlu untuk mempunyai iman dan tidak takut bagaimana orang akan memandang pada kita atau takut bagaimana harga diri kita akan disakiti disebabkan oleh pengakuan dosa kita.
[Baca]  

Allah mau kita menjadi seperti Nabi Elia

Untuk memiliki roh Elia, kita harus terlebih dahulu mempunyai hubungan yang baik dengan Allah, agar kita dapat memimpin orang lain kepada Allah.
[Baca]  

Apakah kita sudah berpaling dari Allah?

Karena kita telah mengalami kelimpahan kasih karunia Allah, marilah kita meresponi Allah setiap hari dengan segenap hati dan pikiran kita dan mengizinkan Dia untuk menjadi Penguasa penuh ke atas kehidupan kita.
[Baca]  

Taatilah Hukum Kristus

Bagaimana Anda memandang pada hukum Kristus? Apakah Anda memandangnya sebagai suatu bentuk pembatasan atau suatu beban? Sangat aneh, rasul Yakobus berkata bahwa hukum Kristus adalah hukum kemerdekaan.
[Baca]  
 
Pengenalan
akan Injil

Mengapa Allah Menciptakan Manusia?

Pertanyaan tentang mengapa Allah ingin menciptakan manusia secara erat terkait dengan pertanyaan mengenai makna kehidupan. Apakah arti dari keberadaan Anda dan saya?
[Baca]  

Apakah Anda Membutuhkan Allah?

Tahukah Anda bahwa ketika seseorang mengalami kelumpuhan, segenap dirinya berada dalam belenggu? Tahukah Anda bahwa hidup Anda berada dalam belenggu? Apakah Anda manusia yang merdeka? Ada berapa dari kita yang merdeka?
[Baca]  

Dosa dan Maut

Kita perlu memahami beberapa ciri unik dari dosa. Hal pertama yang perlu kita pahami adalah bahwa dosa akan menipu kita! Sangat sulit mengungkapkan wajah asli dari dosa karena dosa memang sifatnya memperdaya!
[Baca]  

Apakah itu Hidup yang Kekal dan Maut?

Apa arti hidup yang kekal. Apa yang sebenarnya Anda peroleh ketika dikatakan bahwa Anda beroleh "hidup yang kekal"? Apakah itu berarti bahwa kita tidak akan masuk ke neraka, bahwa kita akan hidup selamanya dan tidak pernah mati? Lalu apa arti tidak pernah mati itu?
[Baca]  

Allah Memperlihatkan Kasih-Nya

Allah mengutus Yesus Kristus ke dunia untuk mati dan menebus dosa kita. Tetapi mungkin kita bertanya jika Allah ingin memaafkan dosa kita, Dia hanya perlu membuat pernyataan pengampunan dan hal itu pasti terlaksana. Mengapa Dia sampai memerlukan kematian Yesus?
[Baca]  

Akibat dan Dampak Dosa

Beratnya masalah dosa adalah karena bunga pasti ditambahkan ke atasnya. Mengapa harus ada bunga yang ditambahkan? Karena dosa akan melahirkan dosa, sama halnya dengan hutang yang beranak hutang saat Anda meminjam uang. Jangan berpikir bahwa Anda hanya perlu membayar hutang lima ribu dolar kepada perusahaan penerbit kartu kredit. Jika Anda tidak cepat melunasinya, maka jumlah uang yang harus Anda bayarkan akan meningkat sejalan dengan waktu.
[Baca]  

Pembebasan dari Dosa

Apa tujuan atau sasaran dari rencana Allah? Tujuan dari rencana Allah adalah untuk memerdekakan semua orang yang telah menjadi budak dosa serta terbelenggu olehnya! Renungkan hal ini - apakah sekarang ini Anda dapat melihat bahwa Anda berada dalam kendali dosa? Apakah Anda rindu untuk dimerdekakan dari dosa-dosa ini?
[Baca]  

Delapan Jenis Belenggu yang Merantai Manusia

Kebanyakan manusia dirantai dan ditawan oleh berbagai jenis belenggu. Saya akan memberi uraian singkat mengenai delapan jenis belenggu. Tentu saja saya tidak berkata bahwa setiap orang pasti terikat oleh kedelapan jenis belenggu itu, akan tetapi satu, dua atau beberapa belenggu itu mungkin sedang mengikat Anda.
[Baca]  

Hal yang Menghambat Pengenalan akan Tuhan

Perkara mengenal Allah itu berkaitan dengan hal menjalin hubungan dengan Dia! Mengenal Allah berkaitan dengan Hidup! Hidup tidak dapat dipahami dan dijangkau sepenuhnya dengan akal budi. Jika Anda tidak mengalaminya sendiri, maka apa yang telah Anda dengarkan ini tidak akan memanfaatkan Anda.
[Baca]  

Bagaimana untuk Mengetahui dan Menyingkirkan Dosa dari Hidup kita

Satu-satunya hal yang memisahkan kita dari Allah adalah dosa. Itu sebabnya, hal pertama yang Allah lakukan adalah menangani permasalahan dosa. Tuhan juga tahu bahwa seringkali kita tidak melihat dengan jelas dosa kita dan karena itu kita memerlukan terang dari Roh Kudus.
[Baca]  

Arti Percaya

Anda percaya kepada Allah, akan tetapi setan-setan juga percaya akan adanya satu Allah. Lalu, apakah setan-setan itu diselamatkan juga? Tidak. Mengapa? Mereka yang percaya diselamatkan akan tetapi Alkitab memberitahu kita dengan gamblang bahwa setan-setan percaya namun tidak diselamatkan. Apakah ini suatu bentuk diskriminasi? Semua yang percaya diselamatkan, tetapi setan-setan percaya namun tidak diselamatkan. Bukankah ini suatu bentuk diskriminasi terhadap setan?
[Baca]  

Bagaimana Menerapkan Kepercayaan Kita?

Iman dan kekhawatiran tidak mungkin hadir bersamaan. Jika Anda benar-benar memiliki iman, Anda tidak akan khawatir. Jika Anda khawatir, itu berarti bahwa Anda tidak memiliki iman yang sejati. Itu sebabnya, dengan melihat pada diri kita, kita akan tahu apakah kita beriman atau tidak.
[Baca]  

Apakah Allah itu Nyata?

Adakah Allah di dunia ini? Apakah Allah itu nyata? Ini adalah pertanyaan yang sangat penting. Jika Anda menggampangkan persoalan ini, saya bisa beritahu Anda bahwa Anda telah berbuat salah terhadap diri Anda sendiri. Pada masa itu nanti, tidak akan ada orang yang menyalahkan Anda, Andalah yang akan menyalahkan diri sendiri karena tidak mempercayai - "Mengapa kubiarkan kesempatan itu berlalu?"
[Baca]  

Bukti Tentang Kenyataan Allah

Allah sangat adil. Dia telah memanggil kita untuk percaya kepada-Nya, maka Dia pasti akan memberikan kita bukti yang cukup supaya kita tidak bingung dan meragukan kenyataan-Nya. Di sini kita akan melihat pada tiga macam bukti.
[Baca]  

Apakah Anda Mencintai Kebenaran?

Hanya orang yang mencintai Kebenaran yang akan dapat menerima pesan Injil yang menuntut kita untuk melihat diri kita apa adanya, termasuk dosa-dosa dan semua hal yang tidak beres di dalam hati kita. Tanpa cinta yang sejati pada Kebenaran, kita hanya akan melihat pada hal-hal yang menyenangkan daging kita dan bukannya pada Kebenaran itu sendiri.
[Baca]  

Akankah Anda Meresponi Kebenaran?

Anda harus mengerti bahwa satu-satunya orang yang dapat menolong Anda selain Allah adalah diri Anda sendiri. Apakah Allah dapat menolong Anda, hal itu bergantung pada apakah Anda mau menolong diri Anda sendiri. Hal ini bergantung pada reaksi Anda kepada Kebenaran.
[Baca]  
 
Matius

Mat 2:2 Bintang yang ajaib

Kepada siapakah rahasia kebesaran Yesus pertama kali diungkapkan? Siapakah orang majus itu? Orang-orang bijak? Para raja dari Timur? Ternyata mereka adalah ahli-ahli nujum yang beragama asing. Bagaimanakah kita memahami jalan Tuhan yang seringkali tidak masuk di akal?
[Baca] [Dengar]

Mat 2:1-12 Tiga Prinsip Damai Sejahtera

Selama manusia belum diubah, maka keadaan dunia ini tidak akan dapat diubah. Percuma saja berusaha mengubah suatu negara tanpa mengubah masyarakatnya. Anda bisa saja mengubah perekonomiannya, angkatan perangnya, pendidikannya, akan tetapi selama manusianya sendiri masih manusia berdosa, tidak akan ada damai sejahtera di muka bumi ini.
[Baca] [Dengar]

Mat 3:13-17 Penundukan - Kegenapan segala Kebenaran

Baptisan Yohanes adalah baptisan pertobatan. Mengapakah Yesus yang tanpa dosa menundukkan diri kepada Yohanes untuk dibaptis?
[Baca] [Dengar]

Mat 4:17 Apa itu Kebenaran?

Jangan coba-coba lari dari tudingan orang-orang non-Kristen ketika mereka berkata, "Kamu berperilaku munafik, jadi, aku tidak mau menjadi orang Kristen." Jangan berkata, "Yah, keselamatan tidak berkaitan dengan hidupku, ini adalah masalah kepercayaan." Itulah kemunafikan! Omong kosong! Kerajaan Allah adalah kebenaran!
[Baca] [Dengar]

Mat 3:13-4:17 Visi Kerajaan Allah 1

Visi Tuhan hanya berlaku bagi orang-orang yang telah memenuhi pra-syarat yang telah ditentukan-Nya. Apakah pra-syarat tersebut? Dan apakah hambatan-hambatan yang menutup Visi Tuhan bagi umat-Nya?
[Baca] [Dengar]

Mat 3:13-4:17 Visi Kerajaan Allah 2

Allah itu Raja. Allah yang memegang kendali. Dan apa yang terjadi jika Anda melangkah, bukan dengan kehendak Anda melainkan dengan kehendak Allah? Mukjizat akan terjadi!
[Baca] [Dengar]

Mat 7:8-11 Mintalah Roti dan Ikan

"Setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan." Perkataan Tuhan boleh diuji dan dibuktikan kebenarannya. Tuhan tidak takut perkataan-Nya diuji. Dan ini bukan satu-satunya janji yang tertulis di dalam Alkitab, tetapi janji ini begitu sangat jelas dan kita dapat membuktikannya.
[Baca] [Dengar]

Mat 7:12 Perlakukan Orang Lain Sebagaimana Anda Ingin Diperlakukan Oleh Mereka

Banyak orang Kristen berpikir jika saya tidak berbuat apa-apa, saya tidak bersalah dan tidak berdosa. Anda keliru! Di dalam ajaran Tuhan tentang penghakiman, orang yang dihakimi bukanlah orang yang dipandang gereja telah melakukan dosa, tetapi mereka yang tidak melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan.
[Baca] [Dengar]

Mat 7:13-14 Masuklah Melalui Pintu yang Sesak

Menurut Yesus keselamatan adalah perkara yang sulit. Tetapi gereja memutuskan untuk menurunkan harga dan menyelenggarakan obral keselamatan dengan menjual murah keselamatan. Gereja berkata, "Ini dia Firmannya. Biasanya dijual seharga $200. Sekarang saya jual cukup seharga $20. Datang dan dapatkanlah!" Siapa yang memberi mereka hak untuk mengobral?
[Baca]  

Mat 7:15-20 Waspadalah Terhadap Nabi-Nabi Palsu

Siapakah orang-orang Kristen palsu dan juga nabi-nabi palsu itu? Bagaimana kita dapat mengenal mereka sebelum terlambat dan sebelum terjadi kerusakan yang terlalu parah? Dan jika kita berhasil menemukan mereka, apa yang dapat dilakukan?
[Baca] [Dengar]

Mat 7:21-27 Dua Macam Dasar

Para pengajar yang berkata, "Terimalah Kristus sekarang juga sebagai Penyelamat Anda. Ambillah Dia." Saya tidak akan pernah berkata seperti itu. Saya selalu berbicara tentang memberi diri Anda kepada Kristus; saya tidak berbicara tentang menerima Kristus. Ini adalah perbedaan yang mendasar antara kedua macam iman tersebut.
[Baca] [Dengar]

Mat 8:5-13 Iman Perwira Romawi

Jika agama Anda membuat Anda menjadi keras kepala, sombong, picik dan berpandangan sempit, maka Anda tidak termasuk orang Kristen yang dikehendaki oleh Allah.
[Baca] [Dengar]

Mat 8:18-22 Syarat untuk Mengikut Yesus

Seseorang datang kepada Yesus dan berkata, "Aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi." Apa yang Yesus katakan kepadanya? Apa syarat yang Yesus berikan?
[Baca] [Dengar]

Mat 9:36-10:16 Apakah Anda Layak?

Yesus berkata, “Jika kamu mengasihi dirimu lebih daripadaku maka kamu masih belum mengerti nilaiku.” Sanggupkah Anda lulus ujian ini? Dapatkah Anda berkata dengan jujur, “Aku mengasihi Yesus lebih daripada diriku sendiri”? Yesus berkata, “Jika kamu mengasihi dirimu sendiri lebih daripadaku, maka kamu tidak layak bagiku.” Dapatkah Anda melewati ujian kelayakan ini?
[Baca] [Dengar]

Mat 9:36-38 Tuaian memang banyak tetapi pekerjanya sedikit

Jika tuaian sangat banyak dan pekerjanya sangat sedikit, apakah yang akan terjadi? Apa yang akan terjadi dengan para pekerja? Mereka akan bekerja siang dan malam. Mereka akan bekerja keras sampai kelelahan akan tetapi tetap saja mereka tidak dapat membawa masuk tuaian itu.
[Baca]  

Mat 10:16-25 Apa yang harusnya menjadi watak seorang Kristen?

Orang Kristen berbeda dari orang non-Kristen seperti domba berbeda dari serigala.
[Baca] [Dengar]

Mat 10:26-33 Iman, kebalikan dari Ketakutan

Memiliki iman berarti dimerdekakan dari ketakutan, merdeka dari segala macam ketakutan di dalam hidup ini. Jika Anda memiliki ketakutan, bagaimana Anda bisa memiliki sukacita? Bagaimana Anda bisa memiliki damai sejahtera? Namun jika Anda sudah dimerdekakan dari ketakutan maka Anda bisa memiliki semua hal itu.
[Baca] [Dengar]

Mat 10:34-36 Aku Datang Bukan Untuk Membawa Damai

Pedang itu akan memberi dampak pada setiap orang di dunia. Tidak ada yang lolos dari pedang salib.
[Baca] [Dengar]

Mat 10:37-39 Apakah hubungannya salib kita dengan Salib Kristus?

Apakah kita ini diselamatkan oleh salib Kristus atau oleh salib kita?
[Baca] [Dengar]

Mat 10:40-42 Hal menerima upah

Allah adalah Tuhan yang adil. Setiap yang kita lakukan akan diperhitung oleh-Nya. Berilah dan Anda akan diberi. Allah tidak akan membiarkan kita mengalahkan-Nya dalam hal memberi.
[Baca] [Dengar]

Mat 11:1-11 Kebesaran Yohanes Pembaptis

Marilah kita memahami rahasia kehidupan Kristen; menujulah ke tempat yang rendah agar kita akan tiba ke tempat yang tinggi.
[Baca] [Dengar]

Mat 11:12 Kerajaan Surga datang dengan Kuasa

Kerajaan Surga datang dengan Kuasa. Tak seorang pun yang bisa bersikap netral terhadap pesan tersebut. Pasti akan ada yang menolak maupun menerimanya. Bagaimana kuasa itu akan hadir dalam hidup kita?
[Baca]  

Mat 11:12 Apa makna memikul salib?

Perintah mengasihi bukan merupakan suatu pilihan bagi Anda karena perintah Tuhan bukan suatu pilihan. Anda boleh memilih apakah ingin menjadi orang Kristen atau tidak, akan tetapi ketika Anda menjadi Kristen, Anda tidak bisa memilih apakah ingin mengasihi atau tidak. Anda berada di dalam kewajiban untuk mengasihi.
[Baca] [Dengar]

Mat 11:28b Tanda Seorang Kristen - Memberi Diri

Dalam kehidupan Yesus, dia tidak bertanya, “Apa yang bisa kudapatkan?” Tetapi dia datang untuk memberi dan untuk memberikan segalanya. Itulah sebabnya dia menjadi terang dunia. Dan Yesus ingin kita melakukan hal yang sama, supaya kita menjadi terang dunia.
[Baca] [Dengar]

Mat 11:30 "Kuk yang Kupasang itu enak"

Menjadi seorang Kristen tidak sekadar berarti bahwa Anda mempercayai Yesus hari ini, lalu Anda menghilang besoknya, atau yang semacam itu. Menjadi orang Kristen berarti bersatu dengan Kristus, berada di bawah kuknya.
[Baca] [Dengar]

Mat 12:22-29 Berwaspadalah! Iblis belum menyerah!

Orang-orang Farisi itu sedang melakukan pekerjaan Iblis, mereka memfitnah Yesus. Jika Anda sedang mengerjakan sesuatu bagi Allah dan ada orang yang berkata, "Nah, kamu ini sebenarnya adalah pengikut Iblis." Apa perasaan Anda?
[Baca] [Dengar]

Mat 12:30 - Bersama Kristus? Atau hanya sekadar berpihak?

Tragedi yang dialami gereja adalah bahwa ada begitu banyaknya orang yang memihak pada Kristus tetapi sedikit sekali yang bersama Kristus. Dan hari ini, saya ingin agar Anda camkan baik-baik pertanyaan ini, "Apakah Anda memihak Kristus atau Anda bersama Kristus?" Perbedaan antara keduanya sangatlah besar.
[Baca] [Dengar]

Mat 12:30b Anda termasuk Jerami, Rumput dan Kayu atau Batu Permata, Emas dan Perak?

Saya ingin bertanya kepada Anda, termasuk orang jenis apakah Anda? Apakah Anda masih jenis kayu, rumput kering dan jerami? Atau, apakah, dengan kasih karunia Allah dan iman, Anda telah berubah menjadi emas, perak dan batu permata?
[Baca] [Dengar]

Mat 12:31-32 Dosa yang Tidak Dapat Diampuni

Pertanyaan pertama yang ingin saya bahas dari bacaan ini adalah: apakah bedanya antara menghujat Anak Manusia, yaitu Yesus, dengan menghujat Roh Kudus?
[Baca]  

Mat 12:38-42 Apa itu Tanda Nabi Yunus?

Bagaimana Yesus, Anak Manusia, menjadi tanda bagi kita? Kita tahu bahwa tanda adalah sesuatu hal yang harus bisa kita lihat. Lalu apa itu tandanya? Anda bisa saja berkata, "Jika Yesus adalah tanda untuk zaman sekarang ini, kami tidak melihat Yesus."
[Baca]  

Matius 12:43-45 Siapkah yang berdiam di dalam Anda? Allah atau Belial?

Rumah tidak menyuruh kita untuk melakukan ini atau itu. Pribadi yang tinggal di dalamnyalah yang menentukan apa yang mau diperbuat dengan rumah itu. Dengan demikian: siapakah yang tinggal di dalam Anda? Siapakah yang mengendalikan hidup Anda? Siapakah yang menjadi majikan Anda?
[Baca]  

Mat 12:46-50 Melakukan Kehendak Allah, Jalan Menuju Keselamatan

Tak seorangpun masuk ke dalam keselamatan kecuali melalui pelaksanaan kehendak Allah. Jika Anda tidak mengerjakan kehendak Allah, Anda tidak akan mungkin diselamatkan. Anda tidak akan diselamatkan oleh keyakinan pada doktrin yang benar. Tidak ada ayat yang mendukung keyakinan semacam itu.
[Baca]  

Mat 14:13-21 Mengapa Tuhan tidak melipat-gandakan 'Lima Roti dan Dua Ikan' kita?

Ini bukan masalah tentang Yesus yang bisa memberkati lima roti dan dua ikan itu. Tentang hal itu, orang bisa saja berkhotbah tanpa akhir. Tentu saja, Allah lewat Yesus mampu melipatgandakan lima roti dan dua ikan. Akan tetapi bukan itu pokok yang mau disampaikan.
[Baca]  

Mat 14:22-33 Iman membutuhkan Keberanian

Jangan takut. Anda akan mendapati bahwa Allah sangat sabar dan sangat indah kasih-Nya. Anda tidak perlu takut untuk datang kepada Allah. Jadi, ulurkanlah tangan-mu dalam iman dan berpegang teguhlah kepada-Nya. Buktikan sendiri!
[Baca]  

Mat 15:1-9 Manusia Telah Menjadikan Firman Allah Tidak Berlaku - 1

Bagaimana kita bisa diselamatkan dari situasi ini? Tuhan, bagaimana kami akan diselamatkan? Yang kita miliki adalah Gereja yang dipenuhi oleh orang yang tidak akan berhasil. Tak ada orang yang akan berhasil hanya dengan menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi mereka tapi tidak pernah menjadi Tuhan Penguasa atas kehidupannya.
[Baca]  

Mat 15:1-9 Manusia Telah Menjadikan Firman Allah Tidak Berlaku - 2

Saya telah berjumpa beberapa orang Kristen yang pandangan rohaninya sangat luar biasa tajam, jauh lebih baik daripada para profesor teologi. Tahukah Anda mengapa? Karena hati mereka suci, mereka bisa melihat jelas. Rahasia pemahaman rohani adalah kesucian hati. Hati yang suci akan melihat Allah.
[Baca]  

Mat 15:20 Akar Permasalahan Manusia

Apakah akar dari persoalan umat manusia? Apakah persoalan yang sedang melanda dunia secara keseluruhan?
[Baca]  

Mat 15:21-28 Ciri Iman yang Besar di Mata Allah

"Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Jika Anda memiliki iman yang semacam itu, Anda akan tahu apa arti kemenangan rohani. Anda akan tahu apa artinya menjadi umat Allah. Anda akan tahu apa artinya melangkah bersama Allah. Anda akan tahu apa itu sukacita dalam hadirat-Nya.
[Baca]  

Mat 16:1-4 Tanda-Tanda Zaman

Jika kita tidak berkomitmen pada kebenaran, maka kita menjadi munafik, dan kita tidak akan bisa melihat hal yang rohani. Kita tidak akan mengerti kebenaran rohani. Kita tidak bisa melihat tanda-tanda yang Allah berikan kepada kita, entah di langit atau di bumi.
[Baca]  

Mat 16:13-20 Bagaimana Salib Menjadi Batu Sandungan

Mempercayai seseorang yang telah disalibkan bukanlah suatu batu sandungan. Kematian yang mengerikan semacam itu ternyata tidak menjadi batu sandungan bagi siapa pun. Malahan, kematian yang mengerikan itu sangat mulia. Tidak ada sandungan di sana. Ingatlah selalu, batu sandungan dari salib adalah ketika Anda harus memikul salib. Itulah jalan menuju keselamatan.
[Baca]  

Mat 16:18 "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu"

Gereja dibangun di atas dasar kodrat ilahi, kodrat ilahi itu adalah Kristus dan Ia ada di dalam diri kita. Gereja dibangun di atas dasar Kristus dan rasul-rasul dan nabi-nabi.
[Baca]  

Mat 16:24-26 Si Aku - Hambatan Menuju Kebesaran Rohani

Mengapa kita tidak bisa menemukan raksasa rohani di tengah-tengah kita? Atau, dengan kata lain, mengapa kita tidak menjadi para raksasa rohani seperti yang Yesus harapkan?
[Baca]  

Mat 16:24-26 Kasih dan kebencian

Injil itu adalah hal yang supernatural atau ia bukan apa-apa sama sekali. Injil itu supernatural karena Injil adalah kuasa Allah yang penuh kekuatan dan anugerah yang bekerja melalui hidup kita. Itulah keajaiban anugerah! Di sanalah letak kasih karunia!
[Baca]  

Mat 17:14-21 Jalan Menuju Kuasa dan Kemuliaan adalah Jalan Salib

Iman diungkapkan melalui ketaatan dan ketaatan dinyatakan justru dengan mentaati perintah untuk mengasihi. Dan mengasihi membutuhkan iman yang luar biasa besarnya. Jika Anda memiliki iman untuk mengasihi, maka Anda akan memiliki iman untuk memindahkan gunung.
[Baca]  

Mat 17:14-21 Mengapa Gereja tidak memiliki kuasa?

Mengapa gereja tidak punya kuasa? Karena kebanyakan gereja sekadar merupakan kumpulan orang non-Kristen yang menyebut diri sebagai 'orang Kristen'. Yang banyak terjadi dalam gereja adalah mengalihkan keegoisan ke dalam bahasa yang religius. Orang Kristen tidak lebih baik daripada orang non-Kristen karena orang Kristen dan yang non-Kristen sama saja egoisnya. Hal ini menjelaskan mengapa gereja zaman sekarang ini tidak memiliki kuasa. Mengapa Gereja tidak memiliki kuasa?
[Baca]  

Mat 17:14-21 Apa artinya Memindahkan Gunung?

Gunung-gunung duniawi bukanlah hambatan bagi kerohanian kita. Saat Yesus berbicara tentang hal memindahkan gunung, dia tidak bermaksud untuk menyuruh kita mempraktekkannya terhadap gunung duniawi. Namun memang ada gunung-gunung yang menghalangi langkah kita. Mari kita renungkan apa arti dari memindahkan gunung itu.
[Baca]  

Mat 17:22-18:4 - Berpalinglah dan Menjadi Seperti Anak Kecil

Yesus sedang berkata bahwa kecuali jika Anda secara rohani menjadi anak kecil lagi, maka Anda tidak akan masuk ke dalam kerajaan. Jika Anda pikir bahwa Anda akan menjadi orang penting, lupakan saja! Allah tidak punya tempat bagi kesombongan.
[Baca]  

Mat 18:5-9 Celakalah Orang yang Membuat Orang Lain Tersandung

Makna dari membuat seseorang tersandung ini haruslah digali dengan akurat dari dalam Kitab Suci. Membuat seseorang tersandung itu bukanlah sekadar berarti menjengkelkan orang yang bersangkutan dan setiap kali Anda menjengkelkan saudara seiman Anda lalu Anda harus segera terjun ke laut. Bukan begitu. Makna kata menjatuhkan, menyesatkan atau menyandung ini jauh lebih serius daripada itu.
[Baca]  

Mat 18:10 Apa yang diajarkan Kitab Suci tentang Malaikat?

Sungguh indah bisa mengenal Allah, dan mengetahui bahwa Anda sangat berharga bagi-Nya jika Anda adalah murid-Nya, bahwa Dia telah memerintahkan malaikat-malaikat dari tingkatan yang tertinggi untuk mengurusi kesejahteraan Anda. Begitu besarnya kasih Allah!
[Baca]  

Mat 18:15-20 Persahabatan yang diinginkan Allah

"Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi" - Rut
[Baca]  

Mat 19:13-15 Kerajaan Allah Milik Anak-Anak Kecil

Jika Anda ingin diselamatkan, maka Anda harus bersedia untuk menjadi tidak berdaya, bersedia untuk menjadi bukan siapa-siapa demi Tuhan. Bersedia untuk berkata, "Tuhan, aku tahu bahwa aku bukan apa-apa. Secara rohani, aku tidak bisa menolong diriku sendiri. Tolonglah aku. Tanpa kasih karunia itu, aku tidak bisa hidup." Apakah Anda seorang anak kecil? Apakah Anda bersedia menjadi seperti anak kecil?
[Baca]  

Mat 19:16-30 Apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?

'Apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?'" Jawaban Yesus [atas pertanyaan itu] adalah, "Ikutlah aku dan aku akan membentuk kamu menjadi penjala manusia, jenis orang yang merupakan terang dunia. Berjalanlah bersamaku, karena barang siapa telah melihat aku, dia telah melihat Bapa."
[Baca]  

Mat 19:16-30 Sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga

Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah Saya akan membahas dalam delapan poin ringkas berkaitan dengan ajaran Yesus tentang bahaya dan karakter dari kekayaan.
[Baca]  

Mat 19:16-30 "Pergi, juallah segala hartamu, dan datanglah serta ikutlah Aku"

"Kalau kamu tidak layak dipercaya mengelola apa yang bukan milikmu, bagaimana mungkin kamu bisa dipercaya untuk mengurusi apa yang bisa menjadi milikmu yang sesungguhnya?"
[Baca]  

Mat 19:30 Apa yang dimaksudkan dengan "yang terdahulu akan menjadi yang terakhir"?

"Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu." Mari kita coba untuk memahami apa makna pernyataan ini dalam waktu yang tersisa ini.
[Baca]  

Mat 20:20-28 Jalan untuk menjadi yang terutama

Tidak ada bentuk keegoisan yang baik, atau buruk, yang bisa membuka jalan menuju hidup kekal. Harus ada satu perubahan radikal di dalam cara hidup di mana Anda hidup bagi orang lain; memberi dan bukannya mengambil; melayani dan bukannya dilayani; mengikuti Yesus sampai pada akhirnya. Itulah jalan menuju hidup yang kekal. Harap Anda pahami hal ini dengan benar.
[Baca]  

Mat 20:29-34 Apakah Anda Percaya?

Apakah yang Allah cari dari umat-Nya? Apa yang Dia cari dari tengah umat-Nya? Dia mencari iman. Apakah gereja bisa melihat keadaannya sendiri yang ternyata berada di tengah-tengah ketidakpercayaan? Bagaimana kita akan memberitakan Firman dengan efektif jika ketidakpercayaan telah melumpuhkan hati kita? Ketika Allah mencari iman di tengah-tengah umat-Nya, apakah Dia menemukannya?
[Baca]  

Mat 21:23-27 Komitmen untuk mengasihi kebenaran

Bagaimana kita bisa mengenali kebenaran? Bagaimana kita bisa memahami bahwa Yesus itu benar? Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa Yohanes Pembaptis itu benar? Bagaimana kita bisa tahu bahwa seorang hamba Allah itu adalah memang hamba Allah yang sejati?
[Baca]  

Mat 23:1-22 Kemunafikan: Ragi orang Farisi

Yesus memperingatkan para muridnya untuk menwaspadai ragi orang Farisi. Apakah ragi orang-orang Farisi itu? Kemunafikan. Apakah gejala dari penyakit orang Farisi? Hal ini dapat dilihat di pasal ini. Dan gejala penyakit ini sangat menular di hati orang-orang beragama. Jadi mari kita pahami perikop ini dengan lebih terperinci.
[Baca]  

Mat 23:13-26 Tujuh gejala kanker rohani - 1 "Celakalah kamu, orang-orang munafik"

Ada tujuh kata "celakalah" di Matius 23.13. Kita akan mempelajari ketujuh kata 'celakalah' ini, yang bisa disebut sebagai "tujuh gejala kanker rohani". Jika ada salah satu dari gejala ini yang terdapat di dalam kehidupan Anda, maka Anda tahu telah diserang oleh kanker rohani ini, dan sangatlah perlu untuk langsung melakukan operasi untuk memotongnya.
[Baca]  

Mat 23:27-33 Tujuh gejala kanker rohani - 2 "Di dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan"

Kemunafikan adalah: dari luar terlihat alim, namun di dalamnya tidak bertuhan
[Baca]  

Mat 23:23 Obat penawar bagi kemunafikan

Di Matius 23 Yesus berkata, "Bagaimana mungkin kamu bisa luput dari hukuman neraka?" (ay.33) Kemunafikan adalah penyakit yang fatal. Lalu bagaimana supaya kita bisa menghindari penyakit ini? Bagaimana kita bisa terbebas dari penyakit ini?
[Baca]  

Mat 23:29-39 Apa artinya menjadi Anak Allah?

Saat membaca Matius pasal 23, orang mengira bahwa Yesus sedang menghina orang-orang Farisi. Bukan begitu. Dia sedang mendiagnosa keadaan rohani mereka dan memperingatkan mereka bahwa jika mereka tidak berubah, maka mereka tidak akan luput dari neraka.
[Baca]  

Mat 23:29-39 Sekali Anak, Selamanya Anak?

Sangatlah penting untuk dipahami bahwa, di dalam Perjanjian Baru, kedudukan sebagai anak itu bukanlah perkara status. Keberadaan sebagai anak di dalam Alkitab itu adalah hal yang dicerminkan lewat perilaku, dalam hal siapa kita ini dan tentang bagaimana cara kita berperilaku.
[Baca]  

Mat 23:31-24:3 Pengajaran Yesus tentang akhir Zaman

Firman Tuhan tidak pernah gagal. Saya tidak pernah menyaksikan satu kali pun bahwa Firman Tuhan itu gagal. Tak pernah sekalipun! Rencana Allah yang disampaikan oleh Yesus akan terjadi! Apa yang dijanjikan akan digenapi jika Anda memenuhi persyaratannya. Tak pernah sekalipun Firman itu gagal. Jika Firman Tuhan berkata bahwa hari akhir akan tiba, maka hari itu akan tiba.
[Baca]  

Mat 23:33 Neraka menurut ajaran Yesus

Allah tidak berkenan pada kebinasaan orang fasik, Dia harus melakukannya karena Dia adalah Allah yang maha adil. Janganlah menempatkan Dia dalam posisi di mana Dia harus memusnahkan Anda karena Anda menolak untuk bertobat dari dosa Anda dan menolak untuk menerima hidupNya.
[Baca]  

Mat 23:37-24:2 Manusia bisa berkata 'tidak' kepada Allah

Si gembala memiliki kewenangan atas domba-dombanya, namun tentu saja hal ini bergantung pada apakah domba-domba itu mengenali suaranya. "Domba-dombaku mendengar suaraku," demikian kata Yesus, "dan mereka yang bukan dombaku tidak akan mendengarkan suaraku."
[Baca]  

Mat 24:3-14 Tanda-tanda Umum Kedatangan Kristus

Sebagaimana halnya nubuat tentang kedatangan Yesus yang pertama sudah tergenapi, demikian pula nubuat tentang kedatangannya kembali yang kedua kali pasti akan digenapi. Hari kedatangan itu sudah semakin dekat, dan sangatlah penting bagi kita agar tidak disesatkan dan bisa memahami dengan jelas apa tanda-tanda kedatangannya yang kedua.
[Baca]  

Mat 24:15-24 Tanda-tanda khusus kedatangan Kristus

Apakah tanda-tanda khusus yang akan terjadi sebelum kedatangan Yesus Kristus yang kedua?
[Baca]  

Mat 24 Siapakah Raja atas Hidup Anda, Allah atau Iblis?

Banyak orang Kristen yang menjalani hidupnya seolah-olah mereka akan seperti itu terus selama-lamanya, seolah-olah Anti Kristus dan bahkan Kristus sendiri tidak akan pernah datang. Tipuan ini membuat banyak orang Kristen yang hidup secara sembrono dan tanpa tujuan, sesuatu hal yang sangat berbahaya!
[Baca]  

Mat 24:24-27 Tujuan dari Anti Kristus: Menyesatkan gereja

Demikian pula halnya dengan kedatangan kembali Yesus yang kedua kalinya. Kedatangan Yesus akan disertai dengan penghakiman terhadap mereka yang jahat dan yang fasik (2 Tes 1:8) namun juga disertai kesembuhan bagi mereka yang menantikan kedatangannya dengan sukacita dan penuh pengharapan.
[Baca]  

Mat 24:28 Apakah Anda termasuk burung Elang atau burung Nazar?

Kita adalah tubuh Kristus. Gereja adalah tubuh Kristus, bukan bangkai Kristus tetapi tubuh Kristus. Kerap kali, gereja justru menjadi bangkai, maafkan kalau saya berkata seperti ini. Kita tidak direncanakan untuk menjadi bangkai. Kita diharapkan untuk memanifestasikan hidup Kristus. Kita adalah tubuh Kristus, yang mempunyai hidup Kristus yang harus disalurkan pada dunia.
[Baca]  

Mat 24:29-30 Tanda-tanda Menjelang Kedatangan Yesus

Saat tanda-tanda itu muncul, mereka harus siap untuk menghadapi penganiayaan, penderitaan dan pencobaan. Lalu Yesus juga memberitahukan kita tentang hal-hal yang akan terjadi pas sebelum kedatangannya. Ada tanda-tanda yang bersifat umum dan tanda-tanda yang bersifat khusus.
[Baca]  

Mat 24:31 Penebusan: Apakah maknanya?

Pada pesan hari ini, kita akan membahas hal 'redemption (penebusan, penyelamatan)'. Apa maknanya penebusan?
[Baca]  

Mat 24:31 Sudahkah Penebusan sepenuhnya terjadi?

Sudahkah Penebusan sepenuhnya terjadi?
[Baca]  

Mat 24:42-44 Pesan Perpisahan dari Yesus - Berjaga-jagalah

Sangatlah penting untuk berjaga-jaga karena itu berkaitan dengan hal keselamatan. Yesus berkata, "Anak Manusia akan datang seperti pencuri di malam hari." Bagaimana Anda akan berjaga-jaga terhadap pencuri jika Anda tidak tahu kapan dia akan datang?
[Baca]  

Mat 24:34 Bagaimana menjadi anak-anak Terang?

Kata berjaga-jaga ini berkenaan dengan keberadaan, yaitu, mengenai siapa diri kita ini. Ia tidak berkaitan dengan apa yang kita perbuat melainkan dengan siapa diri kita ini. Ini adalah hal yang sangat penting untuk dipahami. Berjaga-jaga itu berkaitan dengan hal siapa diri kita ini.
[Baca]  

Mat 26:30-35 Iblis dan Mahkamah Surgawi

Allah adalah Allah yang maha adil. Karena itu Iblis bisa mengajukan tuntutannya. Iblis jauh lebih cerdas dari kita. Iblis adalah seorang pengacara yang sangat lihai, terutama jika sedang mengajukan tuntutan. Ia lihai di dalam memanfaatkan hukum yang ada untuk mendakwa lawannya. Anda harus mengajukan pembelaan Anda berdasarkan hukum. Iblis bisa memanfaatkan kebenaran untuk menjatuhkan Anda. Saat itu Anda benar-benar berada dalam kesulitan besar. Iblis tidak selalu memanfaatkan dusta
[Baca]  

Mat 26:30-35 Iblis telah Menuntut untuk Menampi engkau

Kamu akan ditampi. Iblis telah mengajukan klaim atas dirimu dan aku berdoa supaya imanmu tidak jatuh. Perhatikan, fakta penting bahwa Yesus tidak berdoa agar Petrus tidak ditampi. Satu-satunya hal yang disampaikan oleh Yesus adalah, Aku akan berdoa buatmu supaya imanmu tidak ambruk di bawah tekanan.
[Baca]  

Mat 26:41 Salibkan daging!

Daging tidak hanya memakai cara-cara yang sederhana. Daging itu sangat licik. Daging akan mendekati Anda dengan memakai segala macam argumen yang masuk akal, bahkan argumen yang rohani. Tujuannya hanyalah untuk menang, entah dengan cara yang jujur atau curang, yang penting menang. Daging tidak peduli dengan kejujuran.
[Baca]  

Mat 18:18-20 Murid yang sejati

Banyak orang Kristen yang tidak mau mengikut Yesus dan karena itu mereka tidak mengalami hadirat Yesus. Tapi mereka malah bertanya, "Mengapa Yesus tidak datang dan menyertai saya?" Jika Anda ingin agar Yesus menyertai Anda, maka Anda yang harus menyertai dia terlebih dahulu.
[Baca]  

Mat 28:18-20 Misi gereja di tengah dunia

Yesus berkata, "Anak Manusia datang ke dunia ini bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani."
[Baca]  
 
Pemuridan dan Harganya

Mat 16:24-26 Si Aku - Hambatan Menuju Kebesaran Rohani

Mengapa kita tidak bisa menemukan raksasa rohani di tengah-tengah kita? Atau, dengan kata lain, mengapa kita tidak menjadi para raksasa rohani seperti yang Yesus harapkan?
[Baca]  

Luk 14:25-33 "Membenci": Mempersembahkan apa yang Anda Kasihi

Membenci apa yang Anda kasihi berarti Anda harus mempersembahkan hal itu kepada Tuhan supaya kasih Anda kepada Tuhan tidak terhalang. Anda membenci apa yang Anda kasihi dalam pengertian Anda mempersembahkannya kepada Tuhan.
[Baca]  

Luk 9:23-25 Makna Salib di dalam Kehidupan Seorang Murid

Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku Mengapa Yesus menetapkan persyaratan seperti ini? Apakah maksud dari keselamatan itu?
[Baca]  

Yoh 12:23-26 Sikap kita Sehubungan dengan Hal Memikul Salib

Apakah salib berarti penderitaan yang ditimpakan ke atas diri kita? Berarti setiap hal yang tidak menyenangkan dalam hidup seorang Kristen dapat digambarkan sebagai salib yang kita pikul setiap hari?
[Baca]  

Mat 11:11-15 Visi Tuhan bagi Gereja

Aku ingin menjadi manusia seperti yang dikehendaki oleh Tuhan tetapi aku gagal. Melihat keputus-asaan dan frustrasi semacam ini, kita perlu sekali kembali ke dasar kehidupan Kristen kita. Kita harus menguji lagi akar komitmen kita untuk melihat apakah ada sesuatu hal yang belum beres.
[Baca]  
 
Arti Baptisan

Yoh 4:18-23 Aku Akan Menyatakan Diriku Kepadamu

Banyak orang Kristen begitu sungguh-sungguh mencintai Allah. Namun dapatkah mereka berkata seperti Ayub, "Sekarang mataku sendiri memandang Engkau, Sebelumnya, aku telah mendengar engkau dengan telingaku dan apa yang telah kudengar cukup membuatku lebih dalam untuk mencintaimu. Tetapi sekarang, aku telah melihatnya dengan mataku sendiri."
[Baca]  

Penyatuan dengan Kristus

Tahukah Anda apa artinya Baptisan? Apa yang berlangsung ketika Anda dibaptis? Dalam khotbah ini, dengan jelas diterangkan PERISTIWA AJAIB yang terjadi antara Tuhan dan kita sewaktu dibaptis.
[Baca]  

Karunia Roh Kudus melalui Baptisan

Kapan kita menerima anugerah Roh Kudus? Apakah SEBELUM, SESUDAH ataukah PADA SAAT Baptisan? Apa kaitannya menjadi seorang Kristen dengan anugerah Roh Kudus? Bacalah khotbah ini untuk mendapatkan jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan penting tersebut.
[Baca]  

Pencobaan sesudah Baptisan 1

Pencobaan akan datang setelah baptisan. Mengapa Tuhan mengizinkan hal ini terjadi? Apa hikmah dibalik pencobaan? Bagaimana si Iblis menyerang kita? Cara apa yang akan dipakai iblis untuk menjerat kita?
[Baca]  

Pencobaan sesudah Baptisan 2

Mendalami makna pencobaan. Mempelajari dua prinsip penting yang dipakai Iblis untuk menjatuhkan kita.
[Baca]  

Ikrar dari Hati Nurani yang Baik kepada Allah

Baptisan merupakan sebuah ikrar. Sebuah ikrar dari hati nurani yang baik dalam meresponi Tuhan. Baptisan merupakan suatu sakramen, suatu sumpah setia kepada Tuhan. Mengapa baptisan disebut sebagai sakramen?
[Baca]  

Biarkanlah Umatku Pergi

Menyaksikan baptisan bukanlah suatu hal yang menarik jika kita tidak mengetahui apa yang sebenarnya sedang berlangsung. Apakah sebenarnya arti baptisan? Dapatkah baptisan disimpulkan hanya dengan satu kata saja? Satu kata yang akan selalu Anda ingat setiap kali Anda menyaksikan baptisan. Apakah kiranya perkataan itu? Ketika Anda menyaksikan orang dibaptis, Anda mungkin bertanya kepada diri Anda, "Apa artinya semua ini? Buat apa mereka melakukan hal ini?" Tadi kita baru saja mendengar penjelasan arti baptisan dalam kaitan dengan memikul salib dan kematian, Anda mungkin bertanya, "Ada apa dengan orang-orang ini? Apakah mereka telah bosan hidup sehingga mereka lebih baik mati saja? Semuanya antri menuju kematian? Apakah arti baptisan itu?
[Baca]  
 
Kualitas Hidup Sebuah Kehidupan yang Berkelimpahan [Baca]  
Berbahagialah Orang yang Hatinya Suci (Rahasia Kebahagiaan) [Baca]  
Aku Punya Impian! [Baca]  
Untuk Apakah Anda Hidup? [Baca]  
Memiliki Allah Sebagai Sahabat [Baca]  
 
Kekuatan dalam Kelemahan Anak Domba Atau Serigala [Baca]  
Keselamatan dan Kelemahan [Baca]  
Hidup Adalah Kristus [Baca]  
Kehidupan Kristen yang Tak Terkalahkan [Baca]  
 
Perumpamaan

Mat 9:14-17 Perumpamaan tentang Kantong Kulit yang Lama dan yang Baru

Yesus berbicara tentang mempelai dan saat berikutnya berbicara tentang kain dan anggur? Apa hubungannya satu dengan yang lain? Yesus menggunakan bahasa kiasan tetapi apa pertaliannya di antara keduanya?
[Baca]  

Mat 13:3-23 Perumpamaan tentang Seorang Penabur Benih I

Ini adalah perumpamaan foundasi karena Yesus berkata, "Tidakkah kamu mengerti perumpamaan ini? Kalau demikian bagaimana kamu dapat memahami semua perumpamaan yang lain?"
[Baca]  

Mat 13:1-9 Perumpamaan tentang Penabur - Dari Sudut Pandang Keselamatan

Sebuah rahasia di dalam Alkitab bukanlah sesuatu yang sulit dipahami; ia adalah sesuatu yang tidak mungkin dipahami! Itu sebabnya Injil disebut rahasia. Anda tidak dapat mengungkapkan Injil; atau memahaminya. Ia sepenuhnya tidak terpahami sampai Allah sendiri menyatakannya kepada kita.
[Baca]  

Mar 4:21-25 Perumpamaan tentang Pelita

Beberapa pengkhotbah berkata bahwa dalam urusan keselamatan, yang penting adalah sampai ke surga. Hal yang penting hanyalah bagaimana menyelamatkan diri Anda sendiri. Seolah-olah si pengkhotbah itu sedang berkata, "Tidak peduli bagaimana kelakuan Anda selanjutnya, Anda tetap akan diselamatkan. Tidak peduli apakah Anda menekuni dosa atau tidak." Jelas sekali, ini bukan tujuan Allah menyelamatkan kita.
[Baca]  

Mar 4:26-29 Perumpamaan tentang Benih yang Tumbuh dengan Sendirinya

Alkitab tidak pernah berkata bahwa iman percaya adalah karunia dari Allah. Jika memang demikian, ini berarti di satu kesempatan Allah berkata bahwa Ia tidak menghendaki seorangpun binasa, namun di satu sisi, Dia hanya memberi iman kepada sekumpulan orang saja. Sebagian besar orang tidak memiliki iman karena Allah tidak memberikannya kepada mereka. Apa yang sedang kita bicarakan ini?
[Baca]  

Mat 13: 24-30 & 36-43 Perumpamaan Tentang Lalang Di Antara Gandum

Gandum dan darnel melambangkan dua kelompok orang di dalam gereja: mereka yang mempercayai Yesus hanya sebagai Juruselamat (Savior) dan mereka yang mempercayai Yesus sebagai Tuan dan Juruselamat (Lord and Savior), dan dalam urutan ini.
[Baca]  

Mat 13:31-32 Perumpamaan tentang Benih Sesawi

Jika kita benar-benar seorang Kristen. Keserupaan dengan Kristus harus termanifestasikan dalam kehidupan.
[Baca]  

Mat 13:33 Perumpamaan Tentang Ragi

Pertanyaan yang berikut ialah: apa yang diwakili oleh ragi di dalam firman Tuhan? Firman Tuhan banyak berbicara mengenai ragi. Di dalam Alkitab ragi selalu menunjuk kepada sesuatu yang jahat. Ini ialah satu fakta yang dinyatakan oleh setiap Kamus Alkitab.
[Baca]  

Mat 13:44 Perumpamaan tentang Harta yang Terpendam

Yesus menjual segalanya demi membeli kita. Yesus berkata kepada kita, Kamu sudah dibeli dengan harga yang mahal. Kamu tidak berhak atas dirimu lagi. Jangan menjalani hidup ini dengan anggapan bahwa itu adalah milikmu.
[Baca]  

Mat 13:45-46 Perumpamaan tentang Mutiara

Firman Allah itu, dalam kenyataannya, diwujudkan dalam satu pribadi, yaitu Yesus Sendiri. Yesus adalah perwujudan nyata dari Firman Allah. Firman Allah terungkap dalam diri Yesus dan dialah Pribadi yang kita ketahui memiliki hikmat, pengetahuan dan akal budi rohani yang kita cari itu. Ia adalah mutiara yang sangat berharga itu
[Baca]  

Mat 13:47-50 Perumpamaan tentang Pukat

Yesus menyimpulkan ketujuh perumpamaan di Matius 13 dengan sebuah catatan yang membangkitkan rasa takut di hati pembacanya. Rasa takut terhadap pembusukan jika Anda sudah dimasukkan ke dalam kerajaan Allah, jika Anda sudah menerima hidup yang baru, jika Anda sudah dibebaskan dari belenggu dosa. Ini akan seperti, sebagaimana yang dituliskan oleh Petrus, Seperti anjing yang kembali ke muntahannya, seperti babi yang kembali ke kubangan. (lihat 2 Pet.2:22).
[Baca]  

Mat 13:51-52 Perumpamaan tentang Ahli Taurat yang Menerima Pelajaran tentang Hal Kerajaan Surga

Yesus mengirim murid-muridnya untuk pergi memuridkan. Demikianlah, Yesus tidak mengirim kita hanya untuk mencari penganut agama baru - sekadar menambah keanggotaan gereja, sekadar memperbesar jumlah anggota gereja. Kita semua mampu melakukan ini dengan berbagai macam metode dan rayuan.
[Baca]  

Luk 8:16-17 Perumpamaan Tentang Pelita Di atas Kaki Dian

Allah tidak memberikan kepada kita terang demi kepentingan kita sendiri. Agar dapat bercahaya, agar terang dapat bersinar dari kehidupan kita, manusia lama itu harus dihancurkan. Tetapi berhati-hatilah, jangan-jangan Anda mengambil tempayan dan menutupi terang Anda. Berjaga-jagalah! Tempayan, gantang, tempat tidur dan kolong rumah dapat sepenuhnya menutupi terang Anda. Ini berarti Anda dapat sepenuhnya berpaling dari menjadi seorang Kristen.
[Baca]  

Luk 10:25-37 Perumpamaan tentang Orang Samaria yang Murah Hati

Ajaran yang ajaib tentang keselamatan di dalam Alkitab adalah: kita diselamatkan bukan saja karena kita percaya Yesus mati untuk dosa-dosa kita. Kita bisa percaya tetapi jika kita tidak mempunyai sedikitpun kasih di dalam hati kita, kita juga tidak akan diselamatkan dengan berbuat baik karena kita memang dapat melakukan semua ini tanpa kasih di dalam hati kita sama sekali. Alkitab mengajarkan bahwa kita diselamatkan tatkala kita menjadi manusia baru, apabila oleh Roh Kudus, Allah mencurahkan kasih-Nya ke dalam hati kita. Anda diselamatkan, atau Anda mewarisi hidup yang kekal apabila Anda menjadi manusia baru yang mengasihi.
[Baca]  

Luk 11:5-13 Perumpamaan Tentang Sahabat Pada Tengah Malam

Yesus berkata kepada kita di sini, Anggaplah Allah sebagai sahabatmu. Datanglah kepada-Nya dan jangan malu-malu meminta dari-Nya apa yang dibutuhkan oleh sahabatmu yang lain itu. Keduanya adalah sahabat. Anda benar-benar mengasihi kedua-duanya. Anda mengasihi Allah dan Anda mengasihi sesama manusia. Jika kita dapat menguasai rahasia ini, kita akan bergerak jauh dalam kehidupan rohani ini karena inilah kehendak Allah bagi kita.
[Baca]  

Luk 12:13-21 Perumpamaan tentang Orang Kaya yang Bodoh

Seringkali, sukses justru merupakan kutuk bagi seseorang. Ada beberapa orang yang mendapatkan sukses yang sangat besar dan akibatnya mereka malah murtad dari Allah. Dan memang sering orang yang memperoleh sukses besar justru menghadapi masalah rohani yang paling berat.
[Baca]  

Luk 13:6-9 Perumpamaan tentang Pohon Ara yang Mandul

Saya sangat mengharapkan agar Anda dapat menjiwai Kisah 20:35 karena ayat itulah kunci pemahaman dari perumpamaan kita hari ini. Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima. Kita memang tidak dapat menguasai ayat ini dalam waktu singkat namun semoga Allah berkenan mengubah kita sehingga kita dapat menguasai pelajaran yang indah ini. Dengan begitu, kita akan menjadi saluran kasih karunia Allah di dunia ini.
[Baca]  

Luk 14:7-14 Perumpamaan tentang Tamu-tamu

Iman di dalam Alkitab adalah iman yang berlangsung terus menerus, hal sehari-hari yang terwujud di dalam keseharian Anda - cara Anda berpikir, cara berperilaku dan cara Anda mengerjakan sesuatu. Itulah iman yang hidup.
[Baca]  

Luk 14:12-24 Perumpamaan tentang Pesta Perjamuan Besar

Berbahagialah orang yang mendapat tempat di dalam kerajaan Allah! Siapa yang akan mendapat tempat di dalam kerajaan Allah? Tentu saja orang-orang benar yang dibangkitkan. Lalu, siapa itu orang-orang benar yang akan mendapatkan tempat di dalam Perjamuan Keselamatan Allah?
[Baca]  

Luk 14:25-33 Perumpamaan tentang Pembangunan Menara & Raja yang akan Maju Berperang (1)

Jika keselamatan itu gratis, mengapa Anda harus mengorbankan segalanya? Sesuatu yang menuntut Anda untuk mengorbankan segalanya, sangat sulit disebut sebagai hal yang gratis.
[Baca]  

Luk 14:25-33 Perumpamaan tentang Pembangunan Menara & Raja yang akan Maju Berperang (2)

Membenci apa yang Anda kasihi berarti Anda harus mempersembahkan hal itu kepada Allah supaya kasih Anda kepada Allah tidak terhalang.
[Baca]  

Lukas 14:33 Perumpamaan tentang Pembangunan Menara & Raja yang akan Maju Berperang (3)

"Apakah anda sudah mati?"
Orang Kristen yang bertanya, "Mengapa kehidupan Kristen itu tidak seindah yang Yesus katakan?" Jawabannya sederhana, karena Anda tidak memenuhi persyaratannya. Keselamatan dari Allah adalah anugerah dari kasih karunia, namun begitu Anda menerima karunia ini, Anda harus mengorbankan segala yang lainnya.
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Domba yang Hilang

Siapakah domba yang hilang itu? Orang percaya ataukah orang yang tidak percaya? Bagaimana kita harus memperlakukan domba yang hilang itu? Mengapa ada domba yang terhilang? Apakah yang membuat mereka tersesat?
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Uang Dirham yang Hilang

Apakah Perumpamaan Uang Dirham yang Hilang sama dengan Perumpamaan Domba yang Hilang? Jika tidak sama, apakah perbedaannya? Bacalah penguraian Perumpamaan ini untuk menemukan jawabannya dan Anda akan melihat kekayaan yang luar biasa dari perumpamaan Yesus ini!!
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Anak yang telah Mati dan Hidup Kembali

Mengapakah si anak sulung di perumpamaan ini seolah-olah diperlakukan dengan kurang adil? Apakah "kesalahan"nya? Bukankah ia anak yang benar, yang rajin dan setia mendampingi bapanya?

Mengapakah justru anak bungsu yang sudah banyak "dosa"nya yang diperlakukan dengan baik oleh bapanya? Apakah kita harus berbuat dosa dan bertobat untuk diperlakukan dengan baik. Apakah orang yang tidak berbuat dosa dan tidak perlu bertobat itu akan kurang dihargai? Bagaimana kita memahami hal ini?

[Baca]  

Perumpamaan Tentang Dua Anak yang Hilang

Perumpamaan Anak yang hilang ini sebenarnya lebih cocok disebut Perumpamaan Dua Anak yang hilang. Satunya hilang karena meninggalkan bapanya dan satu hilang di rumah bapanya, walaupun secara jasmani tidak pernah meninggalkan bapanya. Si bungsu kembali karena menyadari akan keadaannya. Anak yang sulung tidak pernah meninggalkan rumah, tetapi apakah ia sesungguhnya bersama bapanya?

Apakah saudara anak bongsu yang hilang dan akhirnya kembali ke bapanya? Ataukah saudara anak sulung yang tidak pernah meninggalkan rumah bapanya, namun tidak sesungguhnya bersama bapanya?

[Baca]  

Perumpamaan Tentang Bendahara yang Tidak Setia

Kita sering menyebut perumpamaan di Lukas 16:1-13 sebagai "Perumpamaan Bendahara yang Tidak Jujur" Lalu mengapa Tuan di dalam perumpamaan itu seolah-olah memuji tindakan bendahara ini, "Lalu tuan itu memuji bendahara yang tidak jujur itu, karena ia telah bertindak dengan cerdik. Sebab anak-anak dunia ini lebih cerdik terhadap sesamanya dari pada anak-anak terang. Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur (yaitu uang), supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi (ayat 8, 9)."

Apakah kita harus meneladani tindakannya yang "tidak jujur" itu? Apakah ungkapan "tidak jujur" itu terjemahan yang tepat bagi kata "adikia" di ayat 8?

Atau, sebetulnya, tidak ada tindakan ketidakjujuran yang dilakukannya? Apakah pokok utama yang Yesus mau kita pelajari dari tindakan bendahara yang cerdik ini?

Marilah kita pelajari bersama penelaahan perumpamaan ini untuk memperoleh satu gambaran yang lebih tepat dari ajaran Yesus yang sangat penting ini.

[Baca]  

Perumpamaan Tentang orang kaya dan Lazarus

Apa yang membuat Lazarus diselamatkan dan apa yang membuat si orang kaya berakhir di Hades? Ini pertanyaan yang sering ditimbulkan dalam membahas perumpamaan orang kaya dan Lazarus ini. Di penelaahan sederhana ini, satu unsur penting dari hal ini dibahas. Marilah kita mengintropeksi diri kita melalui firman ini untuk melihat apakah kehidupan kita akan membawa kita kepada pengakhiran yang dialami oleh orang kaya ini yang "...menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita."
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Hamba yang Tidak berguna

Perumpamaan Tentang Hamba yang Tidak Berguna ini adalah jawaban Yesus kepada permintaan para rasul, "Tambahkanlah iman kami!" Saya yakin ini juga merupakan seruan hati kita. 

Marilah kita pelajari bersama apa jawaban yang Yesus berikan untuk menjawab permohonan itu.

[Baca]  

Perumpamaan Tentang Hakim yang Tidak Adil

Pernahkah kita merasa lelah dan putus asa dalam kehidupan kita? Kita merasa lelah berhadapan dengan ketidak-adilan dan kelaliman orang tidak benar. Marilah kita belajar dari perumpamaan ini untuk melihat janji Tuhan bagi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya.
[Baca]  

Perumpamaan Tentang orang Farisi dan Pemungut cukai

Anda MENGETAHUI bahwa Allah itu nyata atau Anda MENGALAMI bahwa Allah itu nyata? Anda berubah PENDAPAT tentang Yesus atau Anda berubah SIKAP tentang Yesus? Marilah kita mendalami perbedaan di antara orang Farisi yang alim (yang ditolak Tuhan) dan Pemungut cukai yang berdosa (yang berkenan di mata Tuhan).
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Uang Mina

Apakah kita orang Kristen dengan 10 mina, 5 mina atau orang Kristen yang sama sekali TIDAK menghasilkan apa-apa bagi Tuhan? Apakah RAHASIA orang Kristen yang dapat menghasilkan 10 mina bagi Tuhan?
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Hamba yang Tidak Mengampuni

Mengapa kita memaafkan? Apakah pengampunan yang diberikan Tuhan itu dapat ditarik kembali, jika kita tidak memaafkan orang lain? Bukankah setelah diselamatkan, keselamatan kita itu tidak akan hilang, tidak peduli apa yang kita lakukan?
[Baca]  

Para Pekerja di Kebun Anggur - Bagian Pertama

Mengapa tuan punya kebun anggur seolah-olah berlaku tidak adil kepada pekerja-pekerjanya. Yang bekerja selama 12 jam digaji dengan upah yang sama dengan yang bekerja hanya 1 jam? Apakah ini adil? Apakah hal yang mau Yesus ajarkan kepada kita melalui perumpamaan ini? Marilah kita simak bersama-sama.
[Baca]  

Para Pekerja di Kebun Anggur - Bagian Kedua

Di bagian kedua perumpamaan para pekerja di kebun anggur, prinsip penting "the last and the first" dibahas. Apakah yang membuat orang yang terdahulu menjadi yang terakhir?
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Pohon Ara

Pohon ara dikutuk karena tidak menghasilkan buah padahal dituliskan di ayat 13 bahwa memang bukan musimnya untuk pohon ara berbuah! Apakah ini hal yang adil? Tidakkah iman kita ada kalanya teruji saat kita diperhadapkan dengan ketidak-adilan atau ketidak-benaran? Apa yang sebenarnya menjadi dasar kepada iman kita? Marilah kita merenungkannya bersama-sama.
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Dua Orang Anak

Pernahkah saudara berkata 'Ya' kepada Tuhan? Apakah 'Ya' saudara tetap 'Ya' dari segi tindakan? Atau apakah saudara tergolong yang berkata 'Tidak' tetapi malah bertindak sesuai dengan kehendak Tuhan?
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Para Penggarap Kebun Anggur yang Jahat

Dengan mengamati perumpamaan ini, timbul pertanyaan, "Mengapa orang Yahudi membenci hamba-hamba Allah yang sejati?" Mengapa hamba-hamba Allah yang sejati dibenci oleh generasinya dan ditolak oleh Gereja? Dan lagi, bagaimana kita bisa tahu apakah seseorang itu hamba Allah yang sejati atau yang palsu? Bagaimana Anda bisa tahu bahwa orang yang sedang berkhotbah adalah hamba Allah yang sejati?
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Pesta Perjamuan Besar 2

Apakah ciri-ciri dalih di dalam perumpamaan ini? Siapakah yang seringkali memberikan dalih? Bagaimanakah berkat dapat berubah menjadi kutuk?
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Perjamuan Kawin

Matius memperingatkan tentang jaminan keselamatan palsu yang mengira bahwa keselamatan dari Allah sudah tersimpan dengan aman di saku. Kita melihat keprihatinan khusus Matius. Seperti yang terungkap dalam perumpamaan ini, murid-murid Yesus sendirilah yang harus mencamkan peringatan untuk tidak kehilangan hal yang telah diberikan kepada mereka. - Professor Edward Schweitzer
[Baca]  

Perumpamaan Tentang 10 Gadis yang Bijaksana & Bodoh

Yesus memberikan indikasi bahwa kedatangan-Nya akan tertunda. Apakah kita mempunyai persediaan minyak tambahan dalam menunggu kedatangan-Nya yang mungkin tertunda?
[Baca]  

Pemisahan antara Kambing dan Domba 1

Pada hari Penghakiman, Tuhan hanya akan menanyakan satu pertanyaan, "Apakah engkau telah memenuhi perintah-Ku untuk mengasihi sesama saudara seiman?"
[Baca]  

Pemisahan antara Kambing dan Domba 2

Yakinkah Anda bahwa Anda ini domba? Sudahkah Anda menyerahkan kemudi kehidupan Anda kepada Tuhan? Atau Anda justru mengendalikan sendiri hidup Anda sambil mengaku bahwa hidup ini milik-Nya? Para kambing seringkali merasa tersinggung jika kita menantang mereka dengan pertanyaan seperti ini.
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Talenta

Kita sering berkata, "Anda punya talenta bermain musik, berkotbah dan seterusnya." Tetapi apakah talenta dalam arti kata bakat merupakan pokok yang sedang dibicarakan oleh Yesus di Perumpamaan Tentang talenta ini?" Apakah yang dimaksudkan dengan talenta di sini. Marilah kita bersama-sama menyimaknya.
[Baca]  

Perumpamaan Tentang Kedatangan Yesus yang kedua

Bagi seorang murid Kristus, hidup yang sekarang ini adalah masa ujian. Kita menjalani hidup ini demi kekekalan, dan bagaimana kehidupan kita di dalam kekekalan nanti tergantung pada cara hidup kita sekarang...
[Baca]  
 
Ucapan Bahagia Berbahagialah Orang yang Miskin Di Hadapan Allah [Baca]  
Berbahagialah Orang yang Berdukacita [Baca]  
Berbahagialah Orang yang Lembut Hatinya [Baca]  
Berbahagialah Orang yang Lapar dan Haus Akan Kebenaran [Baca]  
Berbahagialah Orang yang Murah Hatinya [Baca]  
Berbahagialah Orang yang Suci Hatinya [Baca]  
Berbahagialah Orang yang Membawa Damai [Baca]  
Berbahagialah Orang yang Dianiaya [Baca]  
Ucapan Bahagia dan Buah Roh [Baca]  
Ucapan Bahagia dan Doa Bapa Kami [Baca]  
 
Khotbah di Bukit Garam Dunia [Baca]  
Terang Dunia 1 [Baca]  
Terang Dunia 2 [Baca]  
Melebihi Kebenaran Orang Farisi [Baca]  
Jangan Membunuh [Baca]  
Jangan Berzinah [Baca]  
Sumpah: Ya, Ya Atau Tidak, Tidak [Baca]  
Memberikan Pipi Kiri [Baca]  
Mengasihi Musuhmu [Baca]  
Jangan Melakukan Kewajiban Agamamu Dihadapan Orang [Baca]  
Janganlah Kamu Mengumpulkan Harta di Bumi [Baca]  
Mata yang Baik [Baca]  
Jangan Kuatir [Baca]  
Jangan Kamu Menghakimi, Supaya Kamu Tidak Dihakimi [Baca]  
Jangan Kamu Memberikan Barang yang Kudus Kepada Anjing [Baca]  
Mintalah, Maka Akan Diberikan Kepadamu [Baca]  
 
Doa Bapa Kami

Mat 6:9 Doa Bapa Kami (1) "Bapa Kami"

Di Israel Allah ada di mana-mana namun Ia hadir secara khusus di Bait Suci. Di situlah bangsa Israel pergi untuk mencari wajah Allah. Tidak ada artinya berkata, "Nah, Allah ada di mana-mana, jadi mengapa aku harus menyusahkan diri pergi ke Bait Suci?" Bangsa Israel menyusahkan diri pergi ke Bait Suci karena kehadiran Allah yang khusus ada di dalam Bait Suci.
[Baca]  

Mat 6:9 Doa Bapa Kami (2) "Surga"

Kita akan mempelajari ajaran Yesus tentang surga. Apakah itu surga? Di manakah surga? Bagaimana kita harus memikirkan surga? Apakah arti surga di dalam Perjanjian Baru? Hal ini merupakan satu aspek dari pengajaran Yesus yang sangat penting.
[Baca]  

Mat 6:9 Doa Bapa Kami (3) "Dikuduskanlah nama-Mu"

'Dikuduskanlah nama-Mu.' Apa artinya? Tampaknya begitu mudah untuk mendoakan Doa Bapa Kami ini. Sebagai seorang anak kecil, saya sering mendoakan, "Dikuduskanlah nama-Mu." Namun saya tidak diberitahu apa artinya. Tahukah Anda apa artinya?
[Baca]  

Mat 6:10 Doa Bapa Kami (4) "Datanglah KerajaanMu, Jadilah KehendakMu di bumi seperti di surga"

Apa kehendak Tuhan dalam hal berdoa? Tuhan sudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan kita, jadi mengapa kita masih perlu berdoa? Mengapa Tuhan membutuhkan doa kita?
[Baca]  

Mat 6:11 Doa Bapa Kami (5) "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya"

Banyak orang Kristen yang berdoa tetapi mereka tidak terlalu pasti apa yang telah mereka doakan. Apabila Anda mendoakan sesuatu, pastikanlah Anda tahu apa yang Anda doakan, kalau tidak, bagaimana Anda bahwa Tuhan sudah menjawab? Allah kita adalah Allah yang hidup. Apabila Anda telah mendoakan sesuatu yang spesifik, ambil sebuah buku dan catatkan doa tersebut, catatkan hari dan tanggal bilamana Anda mengucapkan doa tersebut.
[Baca]  

Mat 6:12 Doa Bapa Kami (6) "Ampunilah kami dari kesalahan kami"

Kita tidak berhak untuk meminta pengampunan sehingga kita sendiri telah mengampuni. Anda tidak boleh meminta dari Allah pengampunan dalam bentuk apapun sehingga Anda sendiri telah mengampuni siapa saja yang telah berbuat sesuatu terhadap Anda. Pengampunan itu memang ada syaratnya.Bukankah ini yang diajarkan oleh Yesus?
[Baca]  

Mat 6:13 Doa Bapa Kami (7) "Lepaskanlah kami dari yang Jahat"

Iblis menyerang kita pada titik yang paling lemah. Karena itu pelajarilah kelemahan Anda. Cari tahu apa kelemahan Anda, dan pastikan Anda menjauhkannya dari serangan Musuh. Berlian adalah bahan yang paling keras yang diketahui manusia. Berlian dapat bertindak seperti pisau untuk memotong kaca atau bahan-bahan keras yang lain. Namun berlian, meskipun begitu keras, ada juga titik lemahnya.
[Baca]  
 
Lain-Lain

Krisis Makanan

Teknologi dan ilmu pengetahuan tidak dapat menyelamatkan dunia ini. Prinsip ini dapat diterapkan pada setiap kehidupan kita. Banyak yang berkata, "Saya tidak memerlukan Tuhan." Salah. Ini adalah suatu kebodohan. Tanpa Tuhan kita tidak dapat menyelesaikan permasalahan dunia ini. Semua orang di dunia ini memerlukan Tuhan. Dunia ini tidak akan menjadi lebih baik secara otomatis. Besok tidak akan menjadi lebih baik, begitu juga kehidupan anda, kecuali anda memiliki Tuhan.
[Baca]  

Sepuluh Langkah Doa

Apakah sebenarnya doa itu? Bukankah aneh kita perlu menanyakan pertanyaan seperti ini padahal banyak orang Kristen merasa yakin bahwa mereka tahu tentang doa. Apakah doa itu semacam kegiatan keagamaan? Bukankah seringkali doa itu hanyalah suatu aktivitas dimana kita berbicara kepada diri sendiri?
[Baca]  

Apa akar dari Penyakit Tidak Percaya? (Akankah Yesus Menemukan Iman? - Bagian 1)

Kita hidup dengan mengandalkan indra-indra kita. Indra fisik kita merupakan sumber informasi utama yang diterima oleh otak kita. Kita mengandalkan pada indra-indra kita untuk memberikan masukan informasi yang eksternal. Tetapi apakah sumber ini dapat diandalkan?
[Baca]  

Ketidak-setiaan (Akankah Yesus Menemukan Iman? - Bagian 2)

Saya percaya pada salib karena jika salib tidak masuk ke dalam hidup saya dan memotong kanker dosa seperti layaknya pisau bedah, maka saya tidak akan pernah bisa bebas dari kuasa dosa yang mematikan itu.
[Baca]  

Ia Bukanlah Allah Orang Mati, Tetapi Allah Orang Hidup

Dapatkah Anda berkata seperti Rasul Paulus, “Aku tahu kepada siapa aku percaya..”? [2 Timotius 1:12]
[Baca]  

Tahun Ular

Waspadalah! Jangan mengabaikan kelicikan, rencana, dan muslihat Si Ular.
[Baca]  

"Yesus, Tanda yang Menimbulkan Perbantahan" (Sebuah Pesan Natal)

Simeon di Lukas 2:34 berkata bahwa Yesus akan menjadi tanda yang menimbulkan perbantahan. Apakah yang dimaksudkan dengan “tanda yang menimbulkan perbantahan”?
[Baca]  

Bagaimana Seharusnya Hubungan di antara Sesama Jemaat?

Bagi Paulus, pernikahan itu dimaksudkan sebagai gambaran dari realitas rohani tentang bagaimana semestinya hubungan di antara Kristus dengan Jemaat-Nya, dan bagaimana hubungan di tengah Jemaat.
[Baca]  

Tiga prinsip yang merangkum segenap ajaran Injil

Rangkuman sederhana dari segenap ajaran injil: kasih karunia, kemurahan dan penghakiman.
[Baca]  

Siapa itu orang bijak?

Tema kita adalah, "Siapa itu orang bijak?" Apa saja unsur dari hikmat itu?
[Baca]  

Apakah Anda Orang yang Bijak?

Melepaskan apa yang tak bisa Anda pertahankan untuk memperoleh apa yang tak akan hilang dari Anda
[Baca]  
 

 

 

Copyright 2002-2014. Semua materi di situs ini adalah milik eksklusif Cahaya Pengharapan Ministries.
E-mail kami untuk mendapatkan izin untuk menggunakan materi di situs ini.
Best viewed with IE6.0 and 1024 x 768 resolution.